Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jum'at : Orang orang yang diangkat derajatnya

Orang orang yang diangkat derajatnya
Orang orang yang diangkat derajatnya




 بسم الله الرحمن الرحيم

الحَمدُ لِلهِ الذِى اَرسَلَ رَسولَهُ بِالْهُدَى ودِينِ الحَقِّ لِيَظهِرَهُ عَلَى  الدينِ كُلِّه و كَفَى باِللهِ شَهِيدًا . اَشهَدُ اَنْ لاَ الهَ الاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شرِيكَ لَهُ وَ اَشْهدُ اَنَّ مُحّمدًا عَبدُهُ وَرَسُولُهُ . اللهُمَّ صَلِ و سلّم علَىَ سَيِّدِنا محَمَّدٍ و علَىَ آلهِ وَ اَصْحاَبِهِ اَخْمعِينَ .  (امَّا بَعدُ) فَياَ عِبَادَللهِ اتّقوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَقَالَ تعَلَى يَأَيُّهاَ الذِيْنَ ءَآمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ ولاَ تَمُتُنَّ أِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسلِمُوْنَ

Segala puja dan puji hanyalah patut kita panjatkan kepada tuhan semesta alam, Allah SWT. Dzat yang berhak di sembah oleh semesta alam yang mampu menggantikan hati yang gelap menjadi terang menggantikan malam menjadi siang dan siang menjadi malam.

ألم تر أن الله يولج الليل في النهار ويوالنهار في الليل وسخرالشمس      والقمركل يجري إلى أجل مسمى وأنّ الّله بما تعملون خبير

Dialah Allah yang telah memberikan manusia ni’mat yang kalau manusia mencoba menghitungnya pasti tidak akan mampu untuk melakukanya. Walaupun seluruh batang pohon di dunia ini dijadikan pena dan seluruh air laut di permukaan bumi ini menjadi tintanya, lalu kemudian di datangkan kembali 7 kali lipat yang semisalnya niscaya tidak akan pernah mampu manusia menghitungnya, dari besar dan dahsyatnya keagungan Allah SWT. Justru itu sudah sudah sepantasnyalah kita ucap rasa syukur kepada Allah dengan ikrar billisan dengan lisan Alhamdulillah  dan sebab itulah  hamba selaku khatib yang Fakir ini mawasiatkan pada para jama’ah umumnya, dan diri hamba pribadi  Khususnya untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT Fi Sirri Wal ‘Alaniyyah, baik dikala kita sendiri maupun ketika kita bersama manusia yang lain, agar kita selalu mendapat kebaikan dari Allah SWT di dunia dan ahirat.

         ربنا أتنا في الدنيا حسنه وفي الأخرة حسنه وقنا عذاب النار


Sholawat dan salam tak lupa marilah kita haturkan kepada junjungan kita semua nabi besar Muhammad SAW beserta para sahabatnya dan keluarganya.
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Allah SWT berfirman 

         ير فع الله الذين أمنوا منكم والذين أوتو العلم درجات


“Allah akan mengangkat  derajat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat”

Ada dua orang yang akan diangkat derajat nya oleh Allah, Allah dengan derajat yang berlipat ganda Pertama yaitu Orang yang beriman.
Yang dimaksud orang yang beriman ialah orang yang mengakui agama islam sebagai Agamanya dan menngakui akan adanya tuhan pencita alam semesta yaitu Allah SWT. Kemudian menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya percaya dengan adanya malaikatNya kemudian ia meyakininya.percaya dengan adanya para nabi dan para rasul kemudian ia mentaati dan menjalankan sunah-sunahnya. Percaya bahwa suatu saat nanti akan terjadi yang namanya hari kiamat, kemudian ia bersiap-siap untuk menghadapinya.percaya akan ketentuan Allah qadha dan qadar baik dan buruknya lalu ia bertawakal kepada Allah. Inilah yang dinamakan orang yang beriman. 
Terdapat tanda-tanda  sifat orang yang beriman kepada Allah yaitu taqwa, haya(malu), syukur ni,mat dan sabar. Salah satu ciri orang yang bertaqwa kepada Allah itu ialah ihlas dalam menjalankan taat kepada Allah dan menjauhi dirinya dari kemaksiatan. Rasulullah SAW bersabda :

  إمتثال الأومر الله واجتناب النواهيه


“ Menjalankan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya”.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Pengertian dari halnya adalah malu. Malu terbagi kedalam dua macam

  إن مما أدراك الناس من كلام النبوة الأولى إذالم تستح فاصنع ماشئت


“Sesungguhnya diantara sesuatu yang telah didapati manusia dari sabda-sabda nabi yang telah terdahulu apabila kamu tidak malu, maka berbuatlah semaumu.

   وقال أيضا الحياء من الإيمان

Malu adalah sebagian dari iman

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Tanda- tanda iman yang ketiga ialah syukur. Pengertian dari pada syukur itu sendiri ialah sebagaimana 

firman Allah SWT

     لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم إن عََذ ابي لشديد


“jika kamu bersyukur atas ni’matku niscaya aku tambahkan ni’mat mu, tapi jika  kamu kufur atas ni’matku ingatlah bahwa adzabku sangatlah pedih”.

Ma’assyiral Muslimin Rahimakumullah
Sabar itu ada empat macam
Sabar atas musibah                                                                                                    
Sabar menghadapi kesulitan 
Sabar dalam berbuat keta’atan
Sabar dalam menghadapi kema’siatan

Allah SWT berfirman 

         إن الله مع الصابرين


“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar”
Besabar seringkali memang sulit dilaksanakan, akan tetapi ada yang lebih sulit dari pada itu, yaitu hilangnya pahala sabar jauh lebih sulit daripada sabar itu sendiri.
Hadirin kaum muslimi rahimakumullah,  dari keempat tanda-danda iman itu, sudahkah kita memilikinya dalam diri kita masing-masing sebab orang yang mulia disisi Allah ialah orang-orang yang bertaqwa. 

      إن أكرمكم عند الله أتقاكم


Ma’asyiral muslimin Rahimakumullah
Selanjutnya orang yang akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT ialah orang yang berilmu. Orang yang berilmu /alim mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia didunia ini, yaitu ilmu pengetahuan yang ia miliki. Begitu sangat pentingnya ilmu pengetahuan’ sehingga orang yang memilikinya akan dimulyakan oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

من خرج في طلب العلم فهو في سبيل الله حتي يرجع.


“Barang siapa yang keluar mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah sehingga ia kembali.
Bahkan orang-orang yang meninggal ketika ia sedang mencari ilmu, maka ia digolongkan orang yang mati syahid.

Hadirin Rahimakumullah.
Dalam menuntut ilmu, selayaknya seorang penuntut ilmu tersebut mengikuti jalur-jalur yang benar  dalam pencarian ilmu tersebut. Dengan disiplin, keilmuan dengan disertakan ketaatan kepada guru akan mempermudah penuntut ilmu untuk mendapatkan ilmu tersebut. Dan agar kelak ilmu tersebut bermanfa’at bagi dirinya sendiri, maupun orang lain, dan menjadi keberkahan dalam hidupnya, juga dengan ilmu tersebut ia dapat menambah ketakwaannya kepada Allah SWT.
Ilmu adalah nur, dan nurullah tersebut tidak akan masuk kedalam hati orang yang berbuat ma’siat. Justru itu, janganlah sekali-kali kita berbuat ma’siat, sebab dapat menjadi penghalang  masuknya ilmu kedalam hati kita, sehingga kita sulit mendapatkan ilmu tersebut, sulit menghafalnya, dan ahirnya malas belajar.

Jangan sekali-kali mendekati hal yang berbau dosa. Mendekatinya saja tidak boleh, apalagi mengerjakannya. 

Allah SWT berfirman

قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون


“Katakanlah wahai Muhammad, Apakah sama orang-orang yang mempunyai ilmu dengan orang-orang yang tidak mempunyai ilmu”
Semoga kita semua selalu berada dalam limpahan karunia dan rahmatnya .
Amin ya rabbal alamin


باَرَكَ اللهُ ليِ وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ الكَرِيم. نَفَعَنيِ وَاِيَاكُمْ بِماَ فِيْهِ مِنَ الاَيآتِ وَالذِكْرِ الْحَكِيم وَتَقَبَلْ مِنِّي وَمِنْكُم تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هوَالسَمِيعُ العَلِيم


 Khutbah ke dua

الحَمْدُ لله الوَاحِدِ القَهَّار,العَزِيْزِالغَفَّار, مكَوِّرِاللّيلِ علَ النَهَار,تَذْكِرَةً لِاُوْلِي الْقُلُوْبِ وَالاَبْصَار ,وَتَبْصِرَةً لِذَوِى الاَلْبَابِ وَ الاِعْتِبَار. اَشهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ الله وَ اَشْهدُ اَنَّ مُحّمدًا عَبدُهُ وَرَسُولُهُ. اللهُمَّ صَلِ و سلّم علَىَ حَبِيبِ ربِّ العاَلَمِين اِماَم المتَّقِين سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا محَمَّدٍ و علَىَ آلهِ وَ اَصْحاَبِهِ اَخْمعِينَ. (امَّا بَعدُ) فَياَ عِبَادَللهِ أُوْصِي نَفْسيِ وَاِيَّأكُمْ بِتَقْوَاللهِ فِي سِرِّوَالعَلَانِيَّةِ وَعْلَمُو انَّ اللهَ تَعَليَ امَرَكُم بِاَمْرٍ بَدَاَ فِيهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّي بِالْمَلاَءِكَةِ بِقُدْسِهِ  وَقَالَ تعَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلَاءِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَي النَبيِ يَاأيُّها الَّذِينَ اَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِمَا . اللهُمَّ صَلِ علَىَ سَيِّدِنا محَمَّدٍ و علَىَ آلِ سَيِّدِناَ محَمَّد. اللهُمَّ صَلِّ و سَلِّم وَبَارِك علَىَ سَيِّدِنا محَمَّدٍ و علَىَ آلهِ وَ اَصْحاَبِهِ اَخْمعِينَ اَمِين ياَ رَبِّ العَالَمِين.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ للْمُسلِمِينَ وَالمُسْلِمَات وَ المُؤْمِنِين وَ المُؤْمِنَات الاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالاَمْوَات اِنَّكَ سَمِيعُ قَرِيبُ مُجِيبُ الدَّعَاوَاتِ فَيَا قَاضِيَات الحَاجَات اِقْضِ حَاجَتِنَا بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ . رَبَّنَا أَتِنَا فِي الدُنْيَا حَسَنَةً و فِي الاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار.
        عِبَادَ اللهِ , اِنَّ اللهَ يَأمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الاِحْسَان وَ أِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَي وَيَنْهَي عَنِ الفَحْسَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَ البَغيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْن فَاذْكُرُوا اللهَ  العَظِيمْ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ عَلَي نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اكْبَرُ
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh   

Posting Komentar untuk "Khutbah Jum'at : Orang orang yang diangkat derajatnya"