Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Dalil Ayat Hadits Keutamaan Nabi Muhammad SAW


Keutamaan Nabi Muhammad SAW

1. Ayat tentang nabi Muhammad Saw sebagai nabi terakhir



مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمُ وَلَکِن رَسُولَ اللهِ وَخَاتَمَ النَّبِّيِّينَ وَكَانَ الله بِكُلِّ شَئٍ عَلِيماَ 

Nabi Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah swt Maha Mengetahui segala sesuatu.(QS Al Ahzab: 40)

2. ayat tentang diutusnya nabi sebagai Rahmat

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةَ لِلْعَالَمِيْنَ

Artinya: "Dan tidaklah Kami mengutus kamu (Muhammad Saw), melainkan untuk menjadi) rahmat bagi semesta alam". (QS. Al-Anbiya' 107)

3. Ayat tentang suri tauladan nabi

 لَقَدْ كَانَ لَكُم فِي رَسُولِ الله أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَن كَانَ يَرجُو الله وَاليَومَ الآخِرَ وَذَكَرَ الله كَثِيرا


Artinya : "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah".(QS. Al-Ahzab:21) 

4. Hadits Tentang Keistimewaan Nabi Di Hari

أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوْمَ القِيَامَةِ وَأَوَّلُ مَنْ  يَنْشَقُ عَنْهُ القَبْرُ وَأَوَّلُ شَافِعٍ وَأَوَّلُ مُشَفَّعٍ 


Saya adalah pemimpin keturunan Adam dihari qiyamat, orang yang pertama kali dibangkitkan dari qubur, orang yang pertama kali memberi syafaat (pada umat) dan orang yang pertama kali diterima syafaatnya" (HR Bukhari)

5. Hadis tentang dua perkara yang ditinggalkan nabi untuk umatnya.

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ الله وَسُنَّةِ نَبِيِّهِ صَلىّ الله عليه وسلم

Artinya: "Aku(nabi Muhammad Saw) tinggalkan pada kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat dengannya, yakni Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya sallallahu alaihi wa salam" (HR. Malik).

6. Ayat dan hadis tentang cinta pada nabi.



قُل إِن كُنتُم تُحِبُّونَ الله فَاتَّبِعُونِي يُحبِبكُمُ الله وَيَغفِر لَكُم  ذُنُوبَكُم وَالله غَفُورٌ رَحِيمٌ


"Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun la Maha Penyayang."(QS Ali 'Imron 31)



لاَ يُؤمِنُ اَحَدُكُم حَتَّي اَكُونَ اَحَبَّ اِلَيه مِن وَالِدِهِ وَوَلِده وَالنَّاسِ اَجمَعِينَ


Seseorang tidak tergolong mempunyai iman (yang sempurna), kecuali aku lebih dicintai dibanding kecintaannya pada orang tuanya, anaknya dan manusia semuanya"(HR Bukhori) 

المَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ

Seseorang akan berkumpul dengan orang yang dicintai" (HR Bukhari)

7. Ayat dan hadis tentang anjuran dan keutamaan bersalawat

أَوَّلىَ النَّاس بِي يَومَ القِيَامَة أَكثَرُهُم عَلَيَّ صَلَاة

Manusia paling utama di hari akhir adalah orang yang paling banyak membaca sholawat. (HR Turmudzi)

 مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا وَكَتَبَ لَهُ بِهَا عَشْرَ حَسَنَاتٍ

Barang siapa membaca sholawat untukku satu kali maka Allah akan membalas sepuluh kali, dan Allah akan mencatat sepuluh kebaikan untuknya. (HR Turmudzi)

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صِلُوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapan salam penghormatan kepadanya. (QS Al Ahzab; 56)

8. Ayat tentang rasul diutus Allah dengan bahasa lainnya.


وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ فَيُضِلُّ اللهُ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ 

"Kami tidak mengutus seorang Rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya supaya dia dapat menjelaskan kepada mereka. (QS. Al-Ibrahim: 4)

9. Hadits Tentang Informasi Akan Datangnya Nabi-Nabi Palsu


سَيَخْرُجُ فِي أُمَّتِي كَذَّابُونَ ثَلاَثُون كُلُّهُمْ يَزْعَمُ أَنَّهُ نَبِيٌّ وَأَنَا خَاتَمُ الأَنْبِيَاءِ لَا نَبِيَّ بَعْدِي وَلَكِن لَا تَزَالُ فِي أُمَّتِيْ طَائِفَةٌ يُقَاتِلُونَ عَلَى الحَقِّ

"Dan akan keluar dalam umatku Tiga puluh pendusta. Semuanya mengaku sebagai nabi padahal aku adalah penutup para nabi dan tidak ada nabi setelahku.  Akan tetapi  di tengah-tengah umatku akan selalu ada golongan yang berperang (berjuang) dalam kebenaran."( HR. al-Hakim dan al . Baihaqi)

10. Hadis tentang pendustaan kepada nabi

لَا تَكْذِبُوا عَلَيَّ فَإِنَّهُ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ فَلِيَلَج النَّارُ

"Janganlah kalian mendustakan aku, sebab barang siapa mendustakan aku maka selayaknya ia masuk neraka" (HR Bukhari)

مِنَ تَعَمَّدَ عَلَيَّ كِذِبًا فَليَتَبَوَّأ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

"Barang siapa dengan sengaja mendustakan aku maka selayaknya ia mengambil satu tempat di neraka"(HR Bukhari) 

مَنْ حَدَّثَ عَنِّي بِحَدِيثٍ يُرَى أَنَّهُ كَذِبٌ فَهُوَ أَحَدُ الكَاذِبِينَ

Barang siapa menisbatkan hadits dariku yang diketahui bahwa hadits itu dusta maka ia adalah salah satu dari dua orang pendusta. (HR Muslim)

Posting Komentar untuk "10 Dalil Ayat Hadits Keutamaan Nabi Muhammad SAW"