Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabi Muhammad Pahlawan Reformasi Sejati


Muhammad Pahlawan Reformasi
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد 
اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله وصحبه اجمعين أما بعد 

Hadirin yang  mulyakan Allah SWT

          Indahnya malam ini, mari kita hiasi dengan untaian kata yang akan membuahkan pahala jika diucapkan oleh insan yang bertakwa. yaitu kalimat Tahmid dan Tasyakur, kehadirat Allah swt, atas segala Nikmat dan Rahmat Nya kepada kita. Shalawat dan salam, semoga terlimpah kepangkuan baginda tercinta, hakim termulia, yang adil dan bijaksana pengikis habis ajaran komunis dan kapitalis. pejuang reformasi sejati yang anti korupsi yaitu baginda Nabi Muhammad saw He is the best person in the word He is the best man leader of leader. He take the dark situation to the clear situation Dialah manusia terbaik di dunia. Dialah pemimpin terbaik yang telah mengeluarkan manusia dari alam gelap gulita menuju alam yang terang benderang.
          Hadirin seiman dan seperjuangan. Kalau kita pelajari sejarah peradaban dunia, maka akan kita jumpai bahwa satu-satunya pahlawan reformasi sejati hanyalah Nabi Muhammad saw, Semua orang mengakui hal ini, baik sahabat, kerabat, umat, lawan ataupun kawan, seperti ungkapan Michael Hart seorang orientalis barat dalam bukunya 100 tokoh paling berpengaruh di dunia, menempatkan Nabi Muhammad pada urutan no. 1.
Allah SWT berfirman:

هُوَ الَّذِى بَعَثَ فِى الْأُمِّيِّۦنَ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ ءَايٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِى ضَلٰلٍ مُّبِينٍ

"Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata,"

(QS. Al-Jumu'ah : Ayat 2)

             Para ahli sejarah dan ahli tafsir mengatakan bahwa  keadaan bangsa Arab jahiliah sebelum Rasulullah Saw dilahirkan, sangatlah menyedihkan dan memprihatinkan. Masyarakat jahiliah, akhlak yang tidak terpuji, maksiat, berjudi, berjina, mabuk, suka perang bahkan menyembah berhala dan patung. 

           Maka ditengah masyarakat seperti itulah, Rasulullah Saw diutus oleh Allah SWT untuk mengubah sistem kehidupan masyarakat jahiliah dengan membawa 3 misi risalah reformasi yang utama.

يَتْلُوا عَلَيْهِمْ 
1. Reformasi tilawah.
          membaca dan menulis, inilah kunci utama misi reformasi Karena orang-orang Arab waktu itu terkenal dengan kaum ummiyun, yang tidak bisa membaca menulis atau buta huruf, pantas kalau ayat yang pertama turun berisi perintah membaca . 
Allah SWT berfirman:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِى خَلَقَ

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,"
خَلَقَ الْإِنْسٰنَ مِنْ عَلَقٍ
"Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah."
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ
"Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia."
الَّذِى عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
"Yang mengajar (manusia) dengan pena."
عَلَّمَ الْإِنْسٰنَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
"Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

وَيُزَكِّيهِمٍ
2. Reformasi tazkiyah, 
           mensucikan lahir dan batin, jasmani dan rohani, jasmani suci dari hadas, najis, kotoran, melalui metode mandi dan wudhu. Rohaninya suci dari sifat sombong, iri, dendam, pemarah, melalui metode iman, ilmu dan amal. Termasuk juga mensucikan harta dari barang-barang haram melalui metode zakat, infaq dan shodakoh.

 وَيُعَلِّمُهُمُ 
3. Reformasi ta'lim
              Reformasi ta'lim. mengajarkan al Kitab yaitu al Qur'an  al Hikmah, sunah Rosul. Dua buah kitab pusaka yang berfungsi sebagai way of life. Pedoman peraturan hidup manusia. Manusia akan bahagia dan selamat, di dunia atau di akhirat, kalau berpegang teguh kepada al-Quran as-Sunnah, karena Rasul tidak meninggalkan warisan yang banyak, harta yang berlimpah dan uang menumpuk, tetapi meninggalkan Al-Qur’an dan sunah sebagai pedoman hidup.
Rasulullah saw bersabda

تَرَكْتُ فِيكُمْ  امْرَ ينِ لَنْ تَضِلُّوْ ا ماتَمَسَّكْتُم بِهِمَا كِتَابَ الله و سُنَّةَ رَسولِه 
aku tinggalkan untuk kalian dua perkara kalian tidak akan tersesat selama memegang teguh kepada keduanya kitaballah dan sunnah rasulillah .

                  Pada zaman jahiliyah, masyarakat hidup dalam kesesatan, tak ada kitab yang dijadikan pegangan dan pedoman  peraturan hidup, hukum yang berlaku adalah hukum riba, yang kuat dialah yang  menang, dialah yang berkuasa, yang kuat menindas yang lemah, yang kaya menghina yang miskin, yang pintar menzalimi yang bodoh, Kemungkaran merajalela, kemaksiatan dimana-mana, perbudakan, perdagangan manusia, peperangan membudaya.

                  Nah di tengah masyarakat seperti itu, al Qur'an dan as Sunah tampil dengan konseptual yang aktual dan universal, mereformasi sistem kehidupan masyarakat jahiliyah menuju sistem yang penuh keselamatan, kedamaian, ketauhidan, kebenaran, kesamaan tanpa ada perbedaan dan diskriminan. Demikianlah, di antara misi reformasi yang dibawa oleh Rasulullah, sehingga dalam waktu yang singkat, hanya 22 tahun 2 bulan 22 hari, Rasulullah mampu mengubah sistim jahiliyah menuju masyarakat yang ilmiah, yang berilmu, berakhlak, bertauhid, beragama dan beradab. Pantaslah kalau Allah menjadikan Rasulullah sebagai figur atau mode yang harus dicontoh dan diteladani.

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْأَاخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
"Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah."
(QS. Al-Ahzab : Ayat 21)

 hanya inilah yang dapat saya sampaikan mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan, terima kasih atas segala perhatian,  Wassalamualaikum Wr. Wb


Posting Komentar untuk "Nabi Muhammad Pahlawan Reformasi Sejati"