Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Penyebaran Virus, Anjuran Social Distancing Dari Rasulullah SAW


Cegah Penyebaran Virus, 

Badan kesehatan dunia WHO telah menetapkan virus corona sebagai pandemi global, yaitu penyebaran wabah penyakit baru yang terjadi secara luas di beberapa negara atau benua.

berbagai negara di belahan dunia berusaha melindungi setiap warga negaranya dengan mengeluarkan kebijakan kebijakan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus korona, tidak terkecuali dengan negara indonesia yang menerapkan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah disetujui dan diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia.
Penyebaran pandemi global virus corona menjadi trending topic di berbagai media massa dan media massa, berbagai istilah muncul dalam usaha pencegahan penyebaran virus corona salah satunya adalah social distancing atau jaga jarak aman.
Social distancing menjadi ide yang baik dalam mencegah penyebaran virus corona. Social distancing adalah upaya mengurangi kontak jarak dekat dengan banyak orang. Semua itu dilakukan agar bisa menekan penularan virus corona.
social distancing diterapkan di banyak negara di dunia, tidak terkecuali dengan beberapa negara yang mayoritas penduduknya beragama islam, begitupun negara indonesia. aturan penutupan sementara tempat ibadah sebagai upaya mengurangi kontak jarak dekat pun dikeluarkan.

islam sangat menghargai kehidupan, bahkan nyawa seorang sangat berharga sebagaimana Allah swt berfirman dalam surah al maidah ayat 32:



مِنۡ أَجۡلِ ذَٲلِكَ ڪَتَبۡنَا عَلَىٰ بَنِىٓ إِسۡرَٲٓءِيلَ أَنَّهُ ۥ مَن قَتَلَ نَفۡسَۢا بِغَيۡرِ نَفۡسٍ أَوۡ فَسَادٍ۬ فِى ٱلۡأَرۡضِ فَڪَأَنَّمَا قَتَلَ ٱلنَّاسَ جَمِيعً۬ا وَمَنۡ أَحۡيَاهَا فَڪَأَنَّمَآ أَحۡيَا ٱلنَّاسَ جَمِيعً۬ا‌ۚ وَلَقَدۡ جَآءَتۡهُمۡ رُسُلُنَا بِٱلۡبَيِّنَـٰتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرً۬ا مِّنۡهُم بَعۡدَ ذَٲلِكَ فِى ٱلۡأَرۡضِ لَمُسۡرِفُونَ

artinya : Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.

ini juga dipertegas untuk tidak melakukan perbuatan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, sebagaimana anjuran rasulullah Saw dalam  hadits rasulullah yang berbunyi :



لا ضرر ولا ضرار
“Tidak boleh ada membahayakan diri dan membahayakan orang lain”

segala sesuatu yang bisa menimbulkan bahaya dalam beragama maupun berkehidupan, harus dihindari sebisa mungkin.
seajalan dengan hadis tersebut, dalam ushul fiqh terdapat kaidah diantaranya berbunyi ‘dar’ul mafasid aula min jalbi al-mashalih’ yang artinya ‘mencegah sesuatu kerusakan jauh lebih diutamakan daripada mendatangkan kemaslahatan (kebaikan).
Social distancing dianggap sebagai salah satu bentuk pencegahan terhadap penyebaran virus corona. sebagai bentuk mencegah dari tertular penyakit, Rasulullah memerintahkan menjaga jarak dengan penderita agar tidak menular kepada yang sehat. Perintah tersebut dapat dilihat pada tiga penggalan hadits berikut ini:
 وفر من المجذوم المصاب بالجذام كما تفر من الأسد 
Artinya,“Larilah dari orang yang terkena lepra sebagaimana engkau lari dari singa” (HR al-Bukhari).
لا تديموا النظر إلى المجذومين 
Artinya, “Janganlah kalian terus-menerus melihat orang yang mengidap penyakit lepra” (HR al-Bukhari).
لا توردوا الممرض على المصح 
Artinya: "Janganlah kalian mencampurkan antara yang sakit dengan yang sehat" (HR al-Bukhari).
                pengidap penyakit virus corona mempunyai gejala dan ada yang tanpa gejala ada baiknya tindakan preventif dengan menjaga jarak sebagai usaha penegahan penyebaran virus corona

Posting Komentar untuk "Cegah Penyebaran Virus, Anjuran Social Distancing Dari Rasulullah SAW"