Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jum'at: Harus Menjaga Sholat :Wajibnya Perintah Shalat



الحمدلله الذي جعل التقوي خير زاد وأمرنا أن تزود بها ليوم المعاد.أشهد أن لاإله إلا الله وحده لاشريك له وأشهدأن سيدنا محمدعبده ورسوله لا نبي بعده اللهم فصل وسلم وبارك علي سيدنا محمد و علَىَ آلهِ وَ اَصْحاَبِهِ اَخْمعِينَ .  (امَّا بَعدُ)

, أوصيكم بتقوالله عز وجل فقد فاز المتقون. وقال تعالي ياأيها الذين أمنوا اتقواالله وكونوامع الصادقين وقال أيضا ومن يتق الله يجعل له مخرجاوبرزقه من حيث لايحبسب ومن يتوكل علي الله فهو حسبه إن الله باذلغ أمره قدجعل الله لكل شيء قدرا

        Segala puji bagi Allah, yang sejak zaman azali adalah  satu – satu nya yang pantas bangga dengan kebesaran-Nya, dan satu-satunya yang akan tetap sampai kapanpun. Dialah yang menerangi hati kekasih - kekasih-Nya dengan cahaya makrifat-Nya, yang mengharumkan batin orang - orang yang menuju kepada-Nya dengan wewangian sanjungan-Nya, yang memberikan ketenangan jiwa kepada orang yang takut kepada-Nya ,yang memberikan nikmat roh orang-orang yang mencinta ditaman makna asma - Nya, dan dialah Allah yang memberikan nikmat anugerah yang melimpah kepada seluruh makhluknya.

Yang Memang Sudah Haknya Untuk Disembah , Serta Sudah Menjadi Kewajiban Kita Selaku Mahluknya Untuk Menyembah

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

" allah tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadanya."

(QS. Az-Zariyat 51: Ayat 56)

Sungguh Tidak patut Kiranya  Yang Sudah Diberikan Banyak Nikmat Oleh Allah  SWT,       Masih Sempat Meninggalkan Apa – Apa Yang Diperintahkan Oleh Allah SWT. dan tidak ada cara yang lebih pantas untuk membalas nikmat melainkan sebagaimana yang diajarkan oleh allah swt lewat lisan lisan para nabi yaitu rasa syukur sembari ikrar billisan mengucapkan untaian kalimat indah alhamdulillah segala pujian hanyalah milik allah swt tuhan semesta alam,

shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada paduka agung baginda alam nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya hingga kita selaku umatnya yang mudah mudahan mendapat syafaatnya di hari kiamat nanti, amin

Jangankan Manusia sebagai mukallaf  Yang Diberikan Oleh Allah SWT Akal Pikiran, Batu Dan Pepohonan Pun Mengucapkan Salam Kepadanya

           alhamdulillah dijumat yang barakah ini dimana Allah swt jadikan sayyidul ayyam, tuannya hari, dan di tempat yang penuh dengan rahmat kasih syang allah swt ini ahabbul bilad ilallah masaajidaha tempat yang cintai di suatu negeria ialah mesjid mesjid. tempat dimana kita berada sekarang ini.

khotib ingin berwasiat khususnya kepada diri khotib pribadi, dan umumnya kepada hadlirin semua, marilah kita sama-sama senantiasa meningkatkan kadar kwalitas keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah Swt. Dengan sebenar-benarnya taqwa, yakni dengan menjalankan segala apa yang telah diperintahkan-Nya serta menjauhi dan meninggalkan segala apa yang dilarangnya.

Baiklah hadirin jamaah Jumat rahimakumullah

     Sebagaimana layaknya seseorang yang bepergian jauh dari  perjalanan jauh, pasti pulangnya membawa oleh-oleh. Begitu juga kanjeng Nabi Muhammad Saw. setelah melaksanakan perjalanan masjid haram ke masjidil aqsal kemudian sidratul muntaha  yang sangat jauh sekali, Nabi membawa banyak oleh-oleh dari Allah, yang Harus diberikan dan dilaksanakan oleh umatnya yang paling penting dan istimewa adalah perintah shalat lima waktu sehari semalam. Pada awalnya perintah shalat ini berjumlah lima puluh waktu, tapi setelah menjalani proses yang diajukan oleh Nabi Musa As. Bahwa umat Nabi Muhammad tidak akan sanggup melaksanakan ibadah shalat sebanyak itu, Akhirnya perintah shalat dikurangi menjadi lima waktu, Walaupun lima waktu, tapi pahalanya sama dengan lima puluh waktu. Mengenai perintah Shalat ini, Allah Swt. telah berfirman dalam al Qur'an.

فاقيم الصلاة أن الصلاة كانت علي المؤمنين كتاباً موقوت

“ dirikanlah shalat sesungguhnya shalat adalah kewajiban bagi orang orang mukmin yang telah ditentukan waktu waktunya”(QS annisa 103)

dari ayat tersebut dapat kita ketahui

perintah shalat telah ditentukan waktunya

shalat isya ada waktunya , shalat subuh ada waktunya, shalat dhuhur ada waktunya, ashar ada waktunya, ada waktunya berarti dikerjakan pada waktunya masing masing.

dari ayat tersebut ada perintah allah untuk mendirikan shalat فاقيمالصلاة

dirikanlah shalat al aslu fil amr lil wujub pada asalnya perintah itu harus dikerjakan , amr / perintah minal a'la ila adna dari atasan ke bawahan itu nama nya perintah , dari atasan ya harus dikerjakan, sedangkan permohonan  minal adna ila a'ladari yang bawah ke yang atas dalam hal ini permohonan kita kepada allah swt itu dinamakan doa , namanya juga permohonan terserah yang menerima, mau diterima atau di tolak, tapi allah maha rahman allah maha rahim allah maha pengampun , allah maha penyayang semua makhluknya,

udu'ni  astajib lakum berdoalah kepada allah allah qabulkan....

menurut bahasa shalat sendiri  mempunyai arti yaitu doa.

dalam al quran suadah ada perintah sholat.  al quran firman Allah

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَارَيْبَ  فِيهِ  هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

"Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,"

balik lagi ke predikat  taqwa

bagi orang orang yang bertaqwa al quran didalamnya tidak ada keraguan  لَارَيْبَ  فِيهِ

bagi orang orang yang bertaqwa al quran sebagai petunjuk bagi manusia هُدًى لِّلنَّاسِ

bagi orang orang yang bertaqwa al quran sebagai penjelas mengenai petunjuk وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى

bagi orang orang yang bertaqwa al quran adalah وَالْفُرْقَانِ   pembeda antara yang haq dan yang bathil

sudah dijelaskan oleh Rasulullah, bahwa shalat adalah ibadah yang pertama dan utama, Disebut yang pertama, karena yang pertama dihisab di hari kiamat nanti adalah shalat.


إِنَ أَوَّلَ ماَ يُحاَسَبُ بِهِ العَبدُ يَومَ القِيَامَةِالصَّلَاة إِذَصَلُحَت صَلُحَ سَائِرِعَمَلِهِ وَاِذَا فَسَدَت فَسَدَ سائِر عَمَلِهِ

“Sesungguhnya. Yang pertama kali dihisab kepada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat jika shalatnya baik maka baiklah seluruh amalnya. Jika shalatnya rusak maka rusaklah seluruh amalnya”( attarghibwatarhib)

           Disebut yang utama, karena shalat adalah ibadah yang Langsung diperintah oleh Allah swt Pada Nabi Muhammad Saw. tanpa perantara malaikat Jibril As. Shalat juga yang akan menentukan baik buruknya amal ibadah seseorang, bahkan shalat pula yang membedakan antara orang islam dengan orang kapir. Sehingga Rasulullah Saw. dalam sebuah hadisnya yang agak keras mengatakan

مَن تَرَكَ الصَلاَة مُتَعَمِّدًافَقَدْ كَفَرَ جِهاَرًا

“Barang siapa yg  meninggalkan Shalat dengan sengaja, maka sesungguhnya telah kafir dengan nyata "(HR Thabrani)

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah

Di dalam Al Qur'an juga diceritakan, bahwa penduduk surga bertanya-tanya mengenai tanda orang yang berdosa di neraka. Suatu ketika, ada orang yang baru datang ke surga setelah mampir dulu ke neraka Saqar.

مَاسَلَكَكُم في سَقَر . قَالُوا لَم نَكُ مِنَ المُصَلِينَ

“Mereka bertanya: apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam neraka saqar ? Mereka menjawab: kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.”

(QS Al Mudatsir 42-43)

Demikianlah hal-hal yang menjadikan shalat sebagai ibadah yang utama dan pertama

dan mudah mudahan di hari dan tempat yang mulia ini , di  kesempatan yang penuh rahmat kasih syang allah swt ini kita dijadikan hamba hamba yang lebih taat lagi, diberikan kekuatan untuk taat mengerjakan perintah allah swt dan menjauhkan diri dari segala larangannya. amin..

باَرَكَ اللهُ ليِ وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ الكَرِيم. نَفَعَنيِ وَاِيَاكُمْ بِماَ فِيْهِ مِنَ الاَيآتِ وَالذِكْرِ الْحَكِيم وَتَقَبَلْ مِنِّي وَمِنْكُم تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هوَالسَمِيعُ العَلِيم

 Khutbah ke dua

الحَمْدُ لله الوَاحِدِ القَهَّار,العَزِيْزِالغَفَّار, مكَوِّرِاللّيلِ علَ النَهَار,تَذْكِرَةً لِاُوْلِي الْقُلُوْبِ وَالاَبْصَار ,وَتَبْصِرَةً لِذَوِى الاَلْبَابِ وَ الاِعْتِبَار. اَشهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ الله وَ اَشْهدُ اَنَّ مُحّمدًا عَبدُهُ وَرَسُولُهُ. اللهُمَّ صَلِ و سلّم علَىَ حَبِيبِ ربِّ العاَلَمِين اِماَم المتَّقِين سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا محَمَّدٍ و علَىَ آلهِ وَ اَصْحاَبِهِ اَخْمعِينَ. (امَّا بَعدُ) فَياَ عِبَادَللهِ أُوْصِي نَفْسيِ وَاِيَّأكُمْ بِتَقْوَاللهِ فِي سِرِّوَالعَلَانِيَّةِ وَعْلَمُو انَّ اللهَ تَعَليَ امَرَكُم بِاَمْرٍ بَدَاَ فِيهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّي بِالْمَلاَءِكَةِ بِقُدْسِهِ  وَقَالَ تعَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلَاءِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَي النَبيِ يَاأيُّها الَّذِينَ اَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِمَا . اللهُمَّ صَلِ علَىَ سَيِّدِنا محَمَّدٍ و علَىَ آلِ سَيِّدِناَ محَمَّد. اللهُمَّ صَلِّ و سَلِّم وَبَارِك علَىَ سَيِّدِنا محَمَّدٍ و علَىَ آلهِ وَ اَصْحاَبِهِ اَخْمعِينَ اَمِين ياَ رَبِّ العَالَمِين.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ للْمُسلِمِينَ وَالمُسْلِمَات وَ المُؤْمِنِين وَ المُؤْمِنَات الاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالاَمْوَات اِنَّكَ سَمِيعُ قَرِيبُ مُجِيبُ الدَّعَاوَاتِ فَيَا قَاضِيَات الحَاجَات اِقْضِ حَاجَتِنَا بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ . رَبَّنَا أَتِنَا فِي الدُنْيَا حَسَنَةً و فِي الاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار.

        عِبَادَ اللهِ , اِنَّ اللهَ يَأمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الاِحْسَان وَ أِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَي وَيَنْهَي عَنِ الفَحْسَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَ البَغيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْن فَاذْكُرُوا اللهَ  العَظِيمْ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ عَلَي نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اكْبَرُ

WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Posting Komentar untuk "Khutbah Jum'at: Harus Menjaga Sholat :Wajibnya Perintah Shalat"