Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat, Ibadah Pertama Dan Utama

Shalat, Ibadah Pertama Dan Utama


ان الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله سيدنا محمد ابن عبد الله وعلى اله وصحبه اجمعين أما بعد.          

Alhamdulillah, di malam yang indah. sudah sepantasnyalah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt. yang senantiasa mencurahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita, sehingga malam ini, bapak dan ibu neng dan ujang bisa berjumpa dengan saya, Ustadz ..........

     Insya Allah, saya akan menyampaikan sekelumit ceramah agama islam dalam rangka memperingati Isra Mi'raj nabi Muhammad saw. di majlis taklim ... atau di masjid... Tetapi sebelumnya saya mohon maaf, jika dalam ceramah saya ini banyak kesalahan dan kehilapan maklum saya bukan Muballigh yang pinter tabligh, bukan pula Kiai yang pinter ngaji. Saya baru jadi bau-bau Kiai, mudah-mudahan jadi Kiayi beneran, Amin. Lebih baik jadi bau Kiayi daripada jadi kiai bau, .Sekali lagi kalau bapak beli kecap. Jangan lupa beli sate, kalau saya salah ucap jangan lapor ke pak RT.

    Baiklah hadirin, pada kesempatan ini saya tidak akan menyampaikan ceramah tentang Sejarah peristiwa Isra Mi'raj. Tapi akan mencoba mengupas masalah intisari pejalanan Isra Mi'raj. yaitu Shalat ibadah yang pertama dan utama.

     Sebagaimana layaknya seseorang yang bepergian jauh seperti tour, rekreasi, tamasya atau piknik, pasti pulangnya membawa oleh-oleh. Begitu juga kanjeng Nabi Muhammad Saw. setelah melaksanakan perjalanan Isra Mi'raj yang sangat jauh sekali, Nabi membawa banyak oleh-oleh dari Allah, yang Harus diberikan dan dilaksanakan oleh umatnya yang paling penting dan istimewa adalah perintah shalat lima waktu sehari semalam. Pada awalnya perintah shalat ini berjumlah lima puluh waktu, tapi setelah menjalani proses yang diajukan oleh Nabi Musa As. Bahwa umat Nabi Muhammad tidak akan sanggup melaksanakan ibadah shalat sebanyak itu, Akhirnya perintah shalat dikurangi menjadi lima waktu, Walaupun lima waktu, tapi pahalanya sama dengan lima puluh waktu. Shalat yang lima waktu itu tergabung dalam kalimat ISLAM : Isya, Shubuh, lohor. Asha Maghrib. Mengenai perintah Shalat ini, Allah Swt. telah berfirman dalam al Qur'an.



أقيم الصلاة أن الصلاة كانت علي المؤمنين كتاباً موقوتا



“ dirikanlah shalat sesungguhnya shalat adalah kewajiban bagi orang orang mukmin yang telah ditentukan waktu waktunya”(QS annisa103)

Namun hadirin, jika kita perhatikan umat Islam di sekeliling kita, walaupun Shalat sudah dikurangi, tapi masih banyak yang tidak melaksanakannya, banyak yang meninggalkannya dan menyepelekannya. Padahal sudah dijelaskan oleh Rasulullah, bahwa shalat adalah ibadah yang pertama dan utama, Disebut yang pertama, karena yang pertama dihisab di hari kiamat nanti adalah shalat.

إِنَ أَوَّلَ ماَ يُحاَسَبُ بِهِ العَبدُ يَومَ القِيَامَةِ الصَّلَاة إِذَ صَلُحَت صَلُحَ سَائِرِ عَمَلِهِ وَاِذَا فَسَدَت فَسَدَ سَائِر ِعَمَلِهِ

“Sesungguhnya. Yang pertama kali dihisab kepada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat jika shalat nya baik maka baiklah seluruh amalnya. Jika shalat nya rusak maka rusaklah seluruh amalnya”( at targhib wa tarhib)

Disebut yang utama, karena shalat adalah ibadah yang Langsung diperintah oleh Allah swt Pada Nabi Muhammad Saw. tanpa perantara malaikat Jibril As. Shalat juga yang akan menentukan baik buruknya amal ibadah seseorang, bahkan shalat pula yang membedakan antara orang islam dengan orang kapir. Sehingga Rasulullah Saw. dalam sebuah hadisnya yang agak keras mengatakan

مَن تَرَكَ الصَلاَة مُتَعَمِّدًا فَقَدْ كَفَرَ جِهاَرًا

“Barang siapa yg  meninggalkan Shalat dengan sengaja, maka sesungguhnya telah kafir dengan nyata "(HR Thabrani)

Hadirin yang saya muliakan hadirat yang saya banggakan Walaupun shalat adalah ibadah yang pertama dan utama, kadang kita lalai dan malas untuk mengerjakannya. Di saat waktu shalat tiba, seorang Mu'azzin lantunkan suaranya, memanggil orang untuk shalat

حَيَّ على الصلاة

kita cuek cuek  aja, yang sedang tidur, tarik selimut tambah nyenyak tidurnya, yang di sawah yang di kantor, yang di pasar, yang di sekolah, tenang-senang saja baaah....waktu masih banyak. pantas kalau ada penyanyi kosidah bersenandung

Subuh kesiangan

Zhuhur di pekerjaan

Ashar di perjalanan,

Maghrib kecapean

Isya ketiduran.

Subuh kesiangan, karena malamnya habis begadang, nonton film, nonton bola, main gaplek, ada juga yang habis wakuncar (waktu kunjung pacar) Zhuhur di pekerjaan, lagi sibuk nanggung kerjaan belum selesai. Pejabat di kantor, petani di sawah, pedagang di pasar, pelajar di sekolah. Ashar di perjalanan, Baru mau pulang menuju rumah. Maghrib kecapean, badan letih, lesu loyo, lemas dan letoy. Terus mandi, terus ingin makan bersama keluarga terus nonton televisi. Terus tidur sampai pagi. Isya ketiduran, akhirnya tidak shalat sewaktu-pun.

 Ingat hadirin, ketika Rasul dimirojkan, Rasul melihat ada orang-orang yang dipecah belah kepalanya dengan batu, setelah pecah kembali lagi seperti biasa, lalu dipecahkan lagi dan terus berulang kali. Ternyata itu adalah gambaran siksaan bagi orang yang tak mau shalat

Di dalam Al Qur'an juga diceritakan, bahwa penduduk surga bertanya-tanya mengenai tanda orang yang berdosa di neraka. Suatu ketika, ada orang yang baru datang ke surga setelah mampir dulu ke neraka Saqar.

مَا سَلَكَكُم في سَقَر . قَالُوا لَم نَكُ مِنَ المُصَلِين

“Mereka bertanya: apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam neraka saqar ? Mereka menjawab: kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.”

(QS Al Mudatsir 42-43)

Hadirin kaum muslimin rahimakumullah

Hanya ini yang dapat saya sampaikan. Semoga peringatan isra mi’raj ini ada hikmah nya  dan manfaat nya bagi kita semua , untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Mari kita makmur kan mesjid-mesjid kita dengan melaksanakan shalat berjamaah. Kalau ibu pergi ke sungai buntu jangan lupa beli coklat, kalo ibu cari menantu jangan lupa yang sering shalat.

Mohon maaf segala kekurangan terima kasih atas perhatiannya saya sampaikan wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Shalat, Ibadah Pertama Dan Utama"