Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jum'at: Sifat Yang Harus Dimiliki Orang Yang Beriman




الحمدلله الذي جعل التقوي خير زاد وأمرنا أن تزود بهاليوم المعاد.أشهد أن لاإله إلا الله وحده لاشريك له وأشهدأن سيدنا محمدعبده ورسوله لا نبي بعده اللهم فصل وسلم وبارك علي سيدنا محمد حبيب رب العالمين إمام المتقين سيد الأنبياء والمرسلين سيدنا ومولانا محمدصلي الله عليه وسلم تسليما كثيرا أما بعد

, أوصيكم بتقوالله عز وجل فقد فاز المتقون. وقال تعالي ياأيها الذين أمنوا اتقواالله وكونوامع الصادقين وقال أيضا ومن يتق الله يجعل له مخرجاوبرزقه من حيث لايحبسب ومن يتوكل علي الله فهو حسبه إن الله باذلغ أمره قدجعل الله لكل شيء قدرا

Segala puja dan puji hanyalah patut kita panjatkan kepada tuhan semesta alam, Allah SWT. Dzat yang mampu  menggantikan malam menjadi siang dan siangmenjadi malam.

ألم تر أن الله يولج الليل في النهار ويوالنهار في الليل وسخرالشمس والقمركل يجري إلى أجل مسمى وأنّ الّله بما تعملون خبير

Dialah Allah yang telah memberikan manusia ni’mat yang kalau manusia mencoba menghitungnya pasti tidak akan mampu untuk melakukanya. makasudah sepantasnyalah kita ucap rasa syukur kepada Allah dengan ikrar billisan Alhamdulillah  dan sebab itulah  hamba selaku khatib yang Fakir ini mawasiatkan pada para jama’ah umumnya, dan diri hamba pribadi  Khususnya untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT Fi Sirri Wal ‘Alaniyyah, baik dikala kita sendiri maupun ketika kita bersama manusia yang lain, agar kita selalu mendapat kebaikan dari Allah SWT di dunia dan ahirat.

ربنا أتنا في الدنيا حسنه وفي الأخرة حسنه وقنا عذاب النار

Sholawat dan salam tak lupa marilah kita haturkan kepada junjungan kita semua nabi besar Muhammad SAW beserta para sahabatnya dan keluarganya.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Allah SWT berfirman

ير فع الله الذين أمنوا منكم والذين أوتو العلم درجات

“Allah akan mengangkat  derajat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat”

Ada dua orang yang akan diangkat derajat nya oleh Allah,Allah dengan derajat yang berlipat ganda Pertama yaitu Orang yang beriman.

Yang dimaksud orang yang beriman ialah orang yang mengakui agama islam sebagai Agamanya dan menngakui akan adanya tuhan pencifta alam semesta yaitu Allah SWT. Kemudian menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya percaya dengan adanya malaikatNya kemudian ia meyakininya.percaya dengan adanya para nabi dan para rasul kemudian ia mentaati dan menjalankan sunah-sunahnya. Percaya bahwa suatu saat nanti akan terjadi yang namanya hari kiamat, kemudian ia bersiap-siap untuk menghadapinya.percaya akan ketentuan Allah qodho dan qodar baik dan buruk nyalalu ia bertawakal kepada Allah. Inilah yang dinamakan orang yang beriman.

Terdapat tanda-tanda  sifat orang yang beriman kepada Allah yaitu taqwa, haya, syukur ni,mat dan sabar.

1. taqwa

    berasal dari kata waqa – yaqwi – wiqayah yang artinya menjaga diri, menghindari dan menjauhi. Sedangkan pengertian Taqwa secara Terminologi adalah Taqwa adalah takut kepada Allah berdasarkan kesadaran dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan tidak melanggar dengan menjauhi segala larangan-Nya serta takut terjerumus dalam perbuatan dosa.

Salah satu ciri  orang yang bertaqwa kepada Allah itu ialah ihlas dalam menjalankan taat kepada Allah dan menjauhi dirinya dari kemaksiatan. Rasulullah SAW bersabda :

إمتثال الأومر الله واجتناب النواهيه

“ Menjalankan sesuai perintahnya dan menjauhi semua larangannya”.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

2 malu
hakikat malu adalah perangai yang mendorong seseorang meninggalkan perbuatan jelek dan mencegah seseorang dari meninggalkan hak-hak orang lain.
Malu adalah akhlak yang utama dan merupakan perhiasan manusia.
Malu terbagi kedalam dua macam
Pertama, malu yang menjadi karakter dan tabiat bawaan, dia tidak diusahakan.
Ini merupakan salah satu akhlak mulia yang Allah anugerahkan kepada seorang hamba-Nya.
Rasulullah Shallallaahu’alaihi wasallam bersabda,

الحياء لا يأتى الا بخير

“Sifat malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan ”.(HR. Bukhari 6117).

Malu jenis ini akan menghalangi seorang  dari melakukan perbuatan buruk dan akhlak yang rendah, serta mendorongnya untuk melakukan perbuatan yang mulia.

Kedua, malu yang diperoleh dari mengenal Allah dan mengenal keagungan-Nya, kedekatan-Nya dengan para hamba-Nya dan karena keyakinan mereka tentang Maha Tahu-nya Allah, mengetahui pandangan khianat dan sesuatu yang terpendam dalam dada manusia.

إن مما أدراك الناس من كلام النبوة الأولى إذالم تستح فاصنع ماشئت

“Sesungguhnya diantara sesuatu yang tela didapati manusia dari sabda-sabda nabi yang telah terdahulu apabila kamu tidak malu, maka berbuatlah semaumu.

وقال أيضا الحياء من الإيمان

Di antara manfaat rasa malu adalah ‘Iffah (menjaga diri dari perbuatan tercela) dan Wafa’ (menepati janji).

Tidak ada rasa malu dalam mengajarkan hukum-hukum agama serta menuntut ilmu dan kebenaran. Allah ta’ala berfirman: “ Dan Allah tidak malu dari kebenaran “ (33 : 53).

وَاللَّهُ لَا يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

3. syukur.

Perintah syukur tidak berarti bahwa Allah membutuhkan ungkapan syukur dari manusia. Tanpa manusia bersyukur kepada-Nya, Allah tetaplah Tuhan yang Maha Kaya, Terpuji  dan Berkuasa atas seluruh alam ini.  Perintah syukur itu  sesungguhnya untuk kepentingan dan kebaikan manusia sendiri  sebab Allah akan menambah nikmat-Nya kepada manusia apabila manusia bersyukur kepada-Nya sebagaimana ditegaskan dalam surat  Ibrahim

لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم إن عََ ابي لشديد

“jika kamu bersyukur atas ni’matku niscaya aku tambahkan ni’mat mu, tapi jika  kamu kufur atas ni’matku ingatlah bahwa adzabku sangatlah pedih”.

Tiga Cara Mengungkapkan Syukur kepada Allah

1 lisan

Dalam aktivitas lisan ini, ucapan “alhamdulillah” adalah hal minimal yang harus kita lakukan.

2. Melalui Aktivitas Hati

Dalam aktivitas hati ini, bagaimana mengelola hati menjadi hal sangat penting. Aktivitas hati terkait dengan syukur bisa diwujudkan dalam bentuk perasaan senang, ikhlas dan rela qanaah Orang-orang bersyukur tentu lebih mudah mencapai bahagia .

فَبِأَيِّ آلاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

3. Melalui Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik atau perbuatan nyata terkait dengan syukur  bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk, baik melibatkan orang lain atau hanya melibatkan diri sendiri. Yang terkait dengan orang lain misalnya seperti berbagi rejeki, ilmu pengetahuan, kegembiraan dan sebagainya.

Ma’assyiral Muslimin Rahimakumullah

Terdapat tanda-tanda  sifat orang yang beriman kepada Allah swt ialah sabar.

Sabar itu ada empat macam

1. kesabaran dalam menjalani ketaatan.

sebagaimana sabarnya nabi Ismail AS yang diuji kesabarannya oleh Allah SWT tatkala Allah memerintahkan kepada ayahnya yaitu nabi Ibrahim AS untuk menyembelih dirinya, sebagaimana firman Allah SWT:

وَمَا يُلَقّٰىهَآ إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقّٰىهَآ إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

"Dan (sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar."

(QS. Fussilat : Ayat 35)

Salat lima waktu terus tiap hari dikerjakan tanpa ada rasa mengeluh sedikitpun. Sesibuk apapun tetap mengerjakannya. bulan puasa, selama sebulan penuh bersabar menahan segala ujian lapar dan dahaga di siang hari. Dalam hal ibadah, semua dilakukan dengan senang hati tanpa ada rasa capek yang menghampiri

2. sabar menjauhi larangan.

 sebagaimana sabarnya nabi Yusuf AS yang lebih menghendaki penjara daripada berbuat yang dilarang

Sungguh, ada keinginan untuk melanggar larangan-larangan yang sudah digariskan agama, hanya saja kita dituntut untuk bersabar pada semua itu. makanya semuanya ditahan untuk  kebaikan.

3 sabar dalam menghadapi musibah, sebagaimana sabarnya  nabi Ayub AS, yang diuji kesabarannya dengan menderita penyakit kulit sehingga orang-orang dikampungnya mengusir beliau, lalu beliaupun pergi ke hutan bersama istrinya hingga bertahun-tahun lamanya.

Allah SWT berfirman

إن الله مع الصابرين

“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar”

Besabar seringkali memang sulit dilaksanakan, akan tetapi ada yang lebih sulit dari pada itu, yaitu hilangnya pahala sabar jauh lebih sulit daripada sabar itu sendiri.

Hadirin kaum muslimi rahimakumullah,  dari keempat tanda-danda iman itu, mudah mudahan dalam diri kita masing-masing memilikinya sebab orang yang mulia disisi Allah ialah orang-orang yang bertaqwa.

إن أكرمكم عند الله أتقاكم


باَرَكَ اللهُ ليِ وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ الكَرِيم. نَفَعَنيِ وَاِيَاكُمْ بِماَ فِيْهِ مِنَ الاَيآتِ وَالذِكْرِ الْحَكِيم وَتَقَبَلْ مِنِّي وَمِنْكُم تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هوَالسَمِيعُ العَلِيم

 Khutbah ke dua


الحمدلله رب العالمين والصلاة والسلام علي حبيب رب العالمين إمام المتقين سيد الأنبياء والمرسلين سيدنا ومولانا محمد صلي الله عليه وعلي أله واصحابه وسلم تسليما كثيرا (أما بعد)
فيا أيها الحاضرون جماعة الجمعة رحمكم الله أوصي نفسي وإياكم بتقوي الله وطاعته لعلكم ترحمون 
قال الله تعالي: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم   إنالله وملائكته يصلون علي النبي ياأيها الذين أمنوا...
اللهم صل وسلم ويارك علي سيدنا محمد وعلي أل سيدنا محمد
اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات وَ المُؤْمِنِين وَ المُؤْمِنَات الاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالاَمْوَات اِنَّكَ سَمِيعُ قَرِيبُ مُجِيبُ الدَّعَاوَاتِ فَيَا قَاضِيَات 
الحَاجَات اِقْضِ حَاجَتِنَا بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ . رَبَّنَا أَتِنَا فِي الدُنْيَا حَسَنَةً و فِي الاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار.

عباد الله إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربي وينهي عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون فاذكرالله العظيم يذكركم واشكروه علي نعمه يزدكم واسئلوه من فضله يعطكم ولذكر الله أجل وأعظم وأكبر

Posting Komentar untuk "Khutbah Jum'at: Sifat Yang Harus Dimiliki Orang Yang Beriman"