Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah Jum'at: keutamaan menghormati dan memuliakan alim Ulama

Keutamaan menghormati dan memuliakan alim Ulama
Keutamaan menghormati dan memuliakan alim Ulama





السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله الذي جعل العلماء سرج الدنيا ومصابيح الأخبرة. أشهد أن لا إله الا الله وحده لاشريك له. وأشهد أن سيدنا محمد عبده ورسوله أرسله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله. اللهم صل وسلم على سيدنا ومولنا محمد الذى لا نبي بعده وعلى آله وصحبه ومن تبع هداه. أمابعد : فيا أيها الناس التقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وأنتم مسلمون. قال الله تعالى : انما يخشى الله من عباده العلماء.


Hadirin Jamaah Jum’at Rohimakumullah
         Pada kesempatan yang mulia ini, melalui mimbar khotbah ini, khotib berwasiat kepada hadirin dan khususnya kepada khotib pribadi, marilah kita senantiasa meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt.
        Dengan kata lain melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya dan terus berusaha meningkahtkan amal-amal shaleh dan kebajikan-kebajikan agar hidup kita selalu mendapatkan petunjuk dan ridhonya, bahagia dunia dan akhirat amin.

Hadirin Jamaah Jum'at Rohimakumullah

         Ulama Ibarat lampu yang menerangi kegelapan, seandainya tidak ada ulama, tentu menusia akan hidup dalam kegelapan dan kesesatan. Orang-orang yang kaya akan memperbudak yang miskin, yang kuat menindas yang lemah tanpa memperdulikan prikemanusiaan. Sejarah telah membuktikan hal itu pada masa jahiliyah di mana segala kemaksiatan menjadi menu kelaziman pada waktu itu. Hal itu terus terjadi samapai datangnya Rasulullah Saw. Dan setelah wafatnya Rasulullah Saw, maka para ulamalah sebagai pewaris dan penyambung lidah perjuangan beliau Saw, Rasulullah Saw bersabda :

وَاِنَّ العُلَمَاء وَرَثَةُ الأَنبْيِاَء وَإِنَّ اْلأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَرَّثُوْا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ


 “Sesungguhnya ulama itu pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanya mewariskan ilmu, maka barang siapa mengambilnya, maka dia telah mengambil bagian yang sempurna”. (HR.Abu Daud dan Tirmidzi)

Hadirin Jamaah Jum'at Rohimakumullah
           Hadist tersebut memberikan penbegasan bahwa umat Islam harus mengambil konsep ajaran Islam secara benar yakni konsep ajaran Islam yang benar yang diajarkan dan dipertahankan oleh para ulama sebagai pewaris nabi.
       Ulama adalah orang yang alim, pendahulu yang sangat gigih mempertahankan kemurnian ajaran Islam, baik secara keilmuan maupun amaliyahnya mereka telah mendapatkan pujian dari Allah Swt sebagaimana Firmannya :
Allah SWT berfirman:

 إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمٰٓؤُا . إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ


Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Pengampun."
(QS. Fatir 35: Ayat 28)

       Orang yang paling memeliki rasa takut kepada Allah diantara hamba-hamabanya adalah ulama, berkat kehadiran ulama kita bisa mengetahui dan mengerti hukum-hukum dan syariat yang bersumber dari al Alqur’an dan Al Hadist.
       Ulama adalah sebagai tempat pengaduan umat dari berbagai permasalahan keagamaan dan keduniaan, karena ulamalah umat bisa mengetahui dan mengerti akan kebenaran hukum-hukum agama, maka apabila kita tidak mengetahui akan hukum dan persoalan-persoalan keagamaan, maka menjadi keharusan bagi kita untuk bertanya kepada mereka Allah berfirman :

فَسْئَلُوا أَهْلَ الذِكْرَ اِنْ كُنْتُم لاَ تَعْلَمُون



Artinya : “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”.

Hadirin Jamaah Jum'at Rohimakumullah
     Mengingat predikat dan peranan ulama yang begitu penting dan signifikan sebagai pelita dunia, dan sekaligus pewaris tali estafet perjuangan para Nabi, maka amatlah rugi bila kita tidak mencintai dan mendekati mereka. Terutama kalau kita perhatikan bahwa ulama termasuk orang yang di izinkan dan diberi kewenangan oleh Allah Swt untuk memberikan syafaat kelak pada hari kiamat. Sebagaimana sabda Rasulullah :

يشفع يوم القيامة ثلاث : الأنبياء ثم العلماء ثم الشهداء


Artinya : “Ada tiga golongan yang akan memebrikan syafaat pada hari kiamat : Para Nabi, para Ulama dan Syuhada”. (HR.Ibnu Majah)

Akhirnya. Semoga Allah Swt selalu membimbing dan memberikan petunjuk kepada kita, sehingga kita senantiasa dalam kebenaran dan keridoannya amin


جعلنا الله وإياكم من الفائزين الأمنين. وأدخلنا وإياكم في عباد الله الصالحين وقل رب اغفر وارحم وأنت خير الراحمين.


الخطبة الثانية

الحمد لله حمدا كثيرا كما امر. أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له إدغما كما جحد به وكفر. وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله سيد الخلائق والبشر. اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم تسليما كثيرا أمابعد : يا أيها الناس التقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وأنتم مسلمون. واعلموا أن الله أمركم بأمر بدأ فيه بنفسه وثنى بالملئكة بقدسه، فقال تعالى ولم يزل قائلا عليما. إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. لبيك اللهم لبيك 2×. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد حصوصا الى أرواح الصحابة العشرة بالجنة سيدنا ابى بكر الصديق وعمر ابن الخطاب وعثمان ابن عفان وعلي ابن ابي طالب وعبد الرحمن ابن عوف وطلحة بن عبيد الله وسعد ابن ابي وقاص وسعيد ابن زيد ابن عمر ابن نفيل وعبيدة بن الجراح والزبير بن عوام والتابعين وتابعى التابعين وارض عنا معهم برحمتك يا أرحم الراحمين.
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات ويا قاضي الحاجات برحمتك يا أرحم الراحمين.
عباد الله إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعيظكم لعلكم تذكرون. فاذكر الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسئلوه من فضله يعطكم ولذكر الله أكبر.


Posting Komentar untuk "Khutbah Jum'at: keutamaan menghormati dan memuliakan alim Ulama"