Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Do'a setelah adzan Arab latin dan Terjemahan artinya

 

Bacaan Doa setelah adzan Arab latin dan Terjemahan artinya
Bacaan Doa setelah adzan Arab latin dan Terjemahan artinya



Adzan merupakan untaian panggilan dalam bahasa Arab untuk menuaikan shalat, 5 waktu sehari semalam selalu adzan berkumandang di masjid. Saat mendengar suara panggilan adzan, dianjurkan untuk  diam, menghentikan semua aktivitas, dan langsung bergegas menuju masjid terdekat untuk melaksanakan sholat. 

Selesai mendengar suara adzan terdapat amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw,  amalan tersebut adalah  membaca doa setelah adzan. 

Setiap adzan sholat baik itu adzan  sholat Isya, Shubuh, Dzuhur, Ashar, maupun Maghrib,  disunnahkan oleh Rasulullah SAW  supaya membaca doa setelah adzan Seperti yang tercantum dalam Hadist Riwayat Bukhari. 

Berikut bacaan doa setelah adzan dalam bahasa arab, latin, dan terjemahan artinya.

Doa Setelah Adzan Arab latin dan Terjemahan artinya

Arab: 


اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةِ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ, إِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادِ


Allaahumma rabba hadzihid da’waatit taammah was shalaatil qaaimah aati Muhammadanil ladzii wa’adtahu, innaka laatukhliful mii’aadi

Artinya : “Ya Allah, penguasa panggilan yang sempurna dan shalat yang didirikan, berikanlah kepada Muhammad washilah dan keistimewaan dan tempatkanlah di tempat yang mulia yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak (pernah) menyalahi janji”

Keutamaan doa setelah adzan

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ


Artinya: Telah menceritakan kepada kami [‘Ali bin ‘Ayyasy] berkata, telah menceritakan kepada kami [Syu’aib bin Abu Hamzah] dari [Muhammad Al Munkadir] dari [Jabir bin ‘Abdullah], bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berdo’a setelah mendengar adzan: Allahumma Rabba Haadzihid Da’Watit Tammah Washshalaatil Qaa’Imah. Aati Muhammadanil Wasiilata Walfadliilah Wab’Atshu Maqaamam Mahmuudanil Ladzii Wa’Adtah " hallat lahu syafaati yaumal qiyamah. 

(Ya Allah. Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah (perantara) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan) ‘. Maka ia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat.”

Do'a sebagai bentuk permohonan kepada Allah dengan penuh kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan keberkahan di sisi-Nya, baiknya dilakukan dengan khusyu’ dan tadharru’ sebagaimana untaian seorang hamba yang sedang mengharapkan  terkabulnya sesuatu yang dimohonkan. 

Anjuran untuk umat muslim supaya berdoa  pada setiap kegiatan, seperti yang telah dilakukan oleh Rasulullah Saw termasuk setelah adzan berkumandang.

Ketika berdoa supaya menanamkan keyakinan dalam diri bahwa Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan setiap doa, Dan yang terpenting adalah adab dalam berdoa, Serahkan segala urusan kepada Allah SWT dan memintalah untuk diberikan yang terbaik.  

Semoga kita semua bisa mengamalkan do'a setelah adzan.

Posting Komentar untuk "Bacaan Do'a setelah adzan Arab latin dan Terjemahan artinya"