Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab Arab Latin dan Terjemahan artinya lengkap

Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab Arab Latin dan Terjemahan artinya lengkap
Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab 


Sudah seminggu kita berada di Bulan Rajab 1442 Hijriah. Banyak hadis yang menyebutkan keutamaan berpuasa di bulan Rajab. Rasulullah sendiri menganjurkan kepada umatnya untuk banyak berpuasa pada bulan Rajab.

Puasa Rajab adalah puasa sunah yang dilakukan di bulan Rajab. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak berpuasa di bulan Rajab. 

Bagi yang hendak ingin mengerjakan puasa Sunnah bulan Rajab ada baiknya mempelajari, menghafal, serta memahami arti bacaan doa niat puasa Sunnah Rajab.

Pentingnya niat mengacu pada hadist Nabi SAW yang artinya "setiap amal tergantung niatnya" Jadi, setiap melakukan aktivitas harus diiringi dengan niat. Dengan niat mudah mudahan memperkuat keteguhan hati kita untuk melakukan amal sampai tuntas. 

Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab

Berikut adalah bacaan niat puasa Rajab Arab latin dan Terjemahan artinya

Arab:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala.

Artinya: Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta'ala.

Bacaan niat puasa Rajab boleh diucapkan di dalam hati dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami. Niat dapat diucapkan pada satu hari sebelum atau saat melakukan puasa.

Pelaksanaan puasa Sunnah bulan Rajab:

Hukum berpuasa Pada bulan Rajab adalah sunah. Artinya, orang yang mengerjakan puasa Rajab mendapatkan pahala dan keutamaan di sisi Allah, sedangkan jika tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa.

Dalam menjalankan puasa pada bulan Rajab sama seperti puasa sunah lainnya. Dimulai dari niat, lalu menahan diri dari segala sesuati yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau ditandai dengan azan Subuh dan azan Magrib.

Keutamaan puasa Sunah bulan Rajab:

Puasa di bulan Rajab untuk mempersiapkan diri sebelum berpuasa pada bulan Ramadhan yang akan dilakukan setelah bulan Sya'ban.

Rasul saw menyukai puasa dan memperbanyak ibadah di bulan haram, dan Rajab adalah salah satu dari bulan haram, Bahkan berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan.

         Nabi bersabda: “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).

ini juga sesuai dengan Hadits Nabi, yang artinya: "Sesungguhnya di syurga ada suatu sungai bernama ‘Rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu, barang siapa yang berpuasa sehari dalam bulan Rajab maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut,"

Berbuat baik setiap saat.

Bulan bulan haram adalah bulan yang agung disisi allah namun bukan berarti larangan berbuat dosa hanya pada bulan tersebut sehingga pada bulan bulan lain tidak menjaga diri dari perbuatan yang dilarang. Tidaklah demikian, sebagai seorang muslim yang berpegang teguh pada alquran kitabullah dan sunnah nabi dituntun untuk selalu beriman dan bertakwa dimanapun dan kapan pun kita berada dengan berakhlak yang baik kepada sesama manusia sebagaimana sabda nabi saw:

اتق الله حيثما كنتا واتبع السيئات الحسنة تمحوها وحالق الناس بخلوق حسن

“Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan yang dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak Yang baik”




Posting Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab Arab Latin dan Terjemahan artinya lengkap"