Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa saat turun hujan Arab latin dan Terjemahan artinya lengkap

 

Doa saat turun hujan Arab latin dan Terjemahan artinya lengkap

Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk berdoa disetiap semua aktivitas, Dengan berdoa akan mendapatkan keberkahan dalam aktivitas, termasuk berdoa saat hujan turun.

Membiasakan diri untuk selalu berdoa di setiap aktivitas kegiatan merupakan wujud rasa syukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah SWT, dan juga memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Doa tidak hanya ketika melakukan kegiatan saja tetapi ketika terjadi fenomena alam pun dianjurkan berdoa seperti gerhana bulan, gerhana matahari, dan perubahan cuaca yang sering kita alami ketika terjadi hujan pun ada do'a nya.

Hujan adalah rahmat karunia dan nikmat diturunkan oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala. Akan tetapi hujan yang turun membuat alam sekitar menjadi gelap dan dibarengi dengan petir, angin dan kilat, membuat hujan menjadi kegelisahan bagi makhluk hidup, tak terkecuali manusia.

Dibalik itu semua hujan merupakan salah satu sumber kehidupan, dengan adanya hujan yang turun mampu mencukupi kebutuhan air bersih bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Seluruh makhluk hidup di bumi memerlukan air untuk bisa melangsungkan hidupnya. Oleh karena itu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kita untuk bersyukur adanya hujan melalui doa.

Berikut hadis nabi doa saat turun hujan yang diriwayatkan Ummul mu’minin (Aisyah Radhiyallahu ‘anha) menyampaikan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

اِنَّ النَّبِيَّ – صلى الله عليه و سلم – كَانَ اِدَا رَاَى الْمَطَرَ قالَ : اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Innannabiyyi shallallahu ‘alayhi wa sallam >> kanna idzaa rha’almathar qala : Allahumma SAyyiban nafi’an.

Artinya : Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan : Allahumma sayyiban nafi’an (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat). (HR. Bukhari)

Dengan berdoa ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan bagi seluruh makhluk

Dan tidak lupa pula untuk mengajarkan doa saat turun hujan kepada anak-anak supaya bisa menjadi kebiasaan mereka hingga dewasa. doa saat turun hujan ini termasuk doa yang pendek dan mudah dihafal bagi anak-anak.

Berikut adalah bacaan doa ketika turun hujan dalam bahasa Arab latin dan terjemahannya lengkap

Doa saat turun hujan Arab latin dan Terjemahan artinya

Dari hadis nabi Saw diatas maka doa saat hujan turun sebagai berikut

اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Allahumma sayyiban nafi’an

Artinya .
(Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)

Doa saat  hujan ini semoga bisa kita amalkan ketika saat turunnya hujan, dengan begitu mudah mudahan hujan yang turun membawa keberkahan dan Rahmat serta menjadi kebaikan bagi kehidupan.

Selain itu pula, berdoa saat hujan sangat makbul (diterima dan diijabah) tidak tertolak, oleh karenanya sangat penting menghafal doa saat hujan turun karena tidak panjang dan mudah dihafal juga.

semoga kita dapat mengamalkan bacaan doa saat turun hujan sehingga hujan yang turun membawa ke rahmat dan keberkahan bagi kita semua

Posting Komentar untuk "Doa saat turun hujan Arab latin dan Terjemahan artinya lengkap"