Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Do'a Sebelum dan Sesudah Belajar Arab latin dan Terjemahan artinya secara lengkap

 

Do'a Sebelum dan Sesudah Belajar Arab latin dan Terjemahan artinya secara lengkap
Doa sebelum dan sesudah belajar


Do'a sebagai bentuk permohonan kepada Allah dengan penuh kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan keberkahan di sisi-Nya, baiknya dilakukan dengan khusyu’ dan tadharru’ sebagaimana pernyataan seorang hamba yang sedang mengharapkan tercapainya sesuatu yang dimohonkan. 

Rasulullah Saw menganjurkan kepada umat muslim untuk berdoa  pada semua aktivitas termasuk sebelum dan sesudah belajar. 

Dengan berdoa akan mendapatkan keberkahan dalam aktivitas. Selain itu, doa sebelum dan sesudah belajar juga agar fokus dan terhindar dari godaan setan ketika akan melakukan kegiatan belajar.

Melatih diri untuk terbiasa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar merupakan wujud rasa syukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah SWT karena diberikan kesempatan untuk belajar.

Doa sebelum belajar Arab latin dan Terjemahannya lengkap

Berikut adalah beberapa bacaan doa sebelum belajar dalam bahasa Arab latin dan Terjemahannya yang bisa diamalkan setiap muslim.

1. DOA SEBELUM BELAJAR 1

 doa belajar yang yang pertama ini adalah yang paling banyak di diamalkan oleh umat muslim saat ini, karena doanya yang singkat, mudah di hafal dan artinya juga cukup padat dan sesuai dengan tujuan belajar.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا , وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Rabbi zidnii ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash shaalihiin.


Artinya:

Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shaleh.


2. DOA SEBELUM BELAJAR 2

Selain doa diatas, berikut doa sebelum belajar yang cukup singkat untuk di hafalkan, berikut merupakan doa belajar lainnya:

Arab:

رَضِتُ بِااللَهِ رَبَا وَبِاالْاِسْلَامِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلَا رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًاوَرْزُقْنِيْ فَهْمًا


Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla, rabbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa


Artinya:

Kami Ridha Allah Subhanallahu wa ta’ala sebagai Tuhan ku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.


3. DOA SEBELUM BELAJAR 3

Ada cukup banyak doa sebelum belajar yang bisa di amalkan, berikut adalah salah satu doa sebelum belajar tersebut:

Arab:

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ

اِللَّهُمَّ اءَلّهِمْنِى عِلْمَا اَعّرِقُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ وَارْزُقْنِى , اللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ عَةِ اِلْهَامِ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّ بِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْ عَةِ الْفَهْمِ وَاَخْرِ جْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الّعَا للَمِيْنَ


Bismillahirrahmaanirrahiim…

Allaahumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamuroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Allaahumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Allaahumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefasihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karuniakanlah kepadaku. Wahai Allah, dengan cahaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan bukanlah untukku semua pintu rahmad Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah Mu. Wahai Tuhan Semesta Alam.

Do'a Sesudah belajar Arab latin dan Terjemahannya
Berikut adalah 

Berikut adalah beberapa doa sesudah belajar yang bisa diamalkan setiap setelah selesai belajar 


1. DOA SESUDAH BELAJAR 1

Membaca doa sesudah belajar juga tak kalah penting, agar apa yang telah di pelajari menjadi lebih bermanfaat. Berikut adalah doa sesudah belajar pertama:


Arab:

اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ


Allaumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa’ahu wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabahu.


Artinya:

Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.


2. DOA SESUDAH BELAJAR 2

Selain doa di atas berikut doa sesudah belajar yang biasa di gunakan oleh masyarakat setelah mengakhiri waktu belajarnya. Berikut adalah doanya:

Arab: 

اللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلَا تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ


Allahumma innii ishtaudi’uka maa ‘allamtaniihi faardud’hu ilayya ‘inda haajatii walaa tanshaniihi yaarobbal ‘aalamiina.


Artinya :

Ya Allah sesungguhnya ku titipkan kepada Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah buat aku lupa kepadanya, wahai Tuhan pemelihara alam


3. DOA SESUDAH BELAJAR 3

banyak jenis doa sesudah belajar yang di bisa di baca maupun di amalkan oleh masyarakat sebagai doa sesudah belajar, salah satu nya seperti berikut ini:

Arab:

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلَّهِ عَلَى كُلِّى حَالٍ


Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanalladzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya:Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan

Demikianlah beberapa bacaan beberapa doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa diamalkan setiap sebelum dan setelah selesai melaksanakan kegiatan belajar.


Posting Komentar untuk "Do'a Sebelum dan Sesudah Belajar Arab latin dan Terjemahan artinya secara lengkap"