Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab


Sekarang kita telah berada di bulan Rajab. Bulan yang memiliki beberapa keutamaan dan keistimewaan karena beberapa hal. Berikut adalah beberapa  keistimewaan bulan Rajab

Bulan Haram

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram yaitu bulan yang dihormati. Ini sebagaimana firman Allah swt dalam Alquran surat Al maidah ayat 36

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتٰبِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقٰتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَاعْلَمُوٓا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan Bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa."

Sebagaimana kita ketahui bahwa bulan haram yang dimaksud yaitu bulan muharram, rajab, zulqaidah, dan Zulhijah, sebagai umat nabi muhammad saw sepatutnya dan sepantasnya kita pada bulan ini kita melaksanakan amal kebaikan sebanyak banyaknya dan menjaga diri dari perbuatan melanggar.

Keutamaan berpuasa Sunnah di bulan Rajab

Rajab merupakan bulan yang dekat dengan Ramadhan. Antara Rajab dan Ramadhan hanya dipisahkan dengan Sya’ban. Masuknya bulan Rajab, dijadikan momentum untuk menyambut bulan Ramadhan dengan segenap persiapan.

Rasul saw menyukai puasa dan memperbanyak ibadah di bulan haram, dan Rajab adalah salah satu dari bulan haram, Bahkan berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan.

Nabi bersabda: “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).

Dalam Hadits Nabi, yang artinya: "Sesungguhnya di syurga ada suatu sungai bernama ‘Rajab’,  warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu,  barang siapa yang berpuasa sehari dalam bulan Rajab maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut,"

Isra' mi'raj nabi Muhammad Saw

Pada bulan Rajab di dalamnya terjadi dua peristiwa yang luar biasa, yakni Isra' dan Mi'raj Rasulullah dari Masjidil Haram ke masjidil Aqsha dan dari masjidil Aqsha menuju Sidratul Muntaha.

Peristiwa besar dan bersejarah diabadikan dalam kitab suci Al-Qur'anul Karim. Dalam surah al-Isra' ayat 1 Allah berfirman: 

سبحان الذى اسرى بعبده ليلا من المسجد الحرام الى المسجد الاقصى الذى بركنا حوله لنريه من ايتنا انه هو السميع البصير

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Barangkali kita semua sudah mengenal rentetan peristiwa isra' mi'raj yang menunjukkan kebesaran Allah ini. Atas kekuasaan allah SWT  yang maha luas,  telah menunjukkan kebesarannya kepada manusia dengan peristiwa isra' mi'raj yang berada di luar hukum-hukum thabi`i (hukum alam), di luar kemampuan nalar manusia pada umumnya.

Berbuat baik setiap saat.

Bulan bulan haram adalah bulan yang agung disisi allah namun bukan berarti larangan berbuat dosa hanya pada bulan tersebut sehingga pada bulan bulan lain tidak menjaga diri dari perbuatan yang dilarang. Tidaklah demikian, sebagai seorang muslim yang berpegang teguh pada alquran kitabullah dan sunnah nabi dituntun untuk selalu beriman dan bertakwa dimanapun dan kapan pun kita berada dengan berakhlak yang baik kepada sesama manusia sebagaimana sabda nabi saw:

اتق الله حيثما كنتا واتبع السيئات الحسنة تمحوها وحالق الناس بخلوق حسن

“Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan yang dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak Yang baik”

Posting Komentar untuk "Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Rajab"