Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Sunah bulan Rajab 1442 /2021

Puasa Sunah bulan Rajab 1442 /2021



Tepat tanggal 13 Februari 2021, Kalender Hijriah memasuki Bulan Rajab 1442 Hijriah. Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk banyak berpuasa pada bulan Rajab.

Puasa Rajab adalah puasa sunah yang dilakukan di bulan Rajab. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak berpuasa di bulan Rajab. Rasulullah mengawali bulan Rajab dengan berpuasa.

Keutamaan puasa Sunah bulan Rajab:

Puasa di bulan Rajab untuk mempersiapkan diri sebelum berpuasa pada bulan Ramadhan yang akan dilakukan setelah bulan Sya'ban.

Rasul saw menyukai puasa dan memperbanyak ibadah di bulan haram, dan Rajab adalah salah satu dari bulan haram, Bahkan berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan.

         Nabi bersabda: “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).

ini juga sesuai dengan Hadits Nabi, yang artinya: "Sesungguhnya di syurga ada suatu sungai bernama ‘Rajab’,  warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu,  barang siapa yang berpuasa sehari dalam bulan Rajab maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut,"

niat puasa Sunnah bulan Rajab 

Berikut adalah bacaan niat puasa Rajab Arab latin dan Terjemahan artinya


Berikut niat puasa bulan Rajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى


Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala.

Artinya: Saya berniat puasa Rajab sunah karena Allah ta'ala.

Niat boleh diucapkan di dalam hati dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami. Niat dapat diucapkan pada satu hari sebelum atau saat melakukan puasa.


ketentuan puasa Sunnah bulan Rajab:

Hukum berpuasa Pada bulan Rajab adalah sunah. Artinya, orang yang mengerjakan puasa Rajab mendapatkan pahala dan keutamaan di sisi Allah, sedangkan jika tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa.

Dalam menjalankan puasa pada bulan Rajab sama seperti puasa sunah lainnya. Dimulai dari niat, lalu menahan diri dari segala sesuati yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau ditandai dengan azan Subuh dan azan Magrib.





Posting Komentar untuk "Puasa Sunah bulan Rajab 1442 /2021"