Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab I'rab Kitab Jurumiyah, Imrithi dan Alfiyah

 



مَتْنُ الْآجُرُّومِيَّةِ  للشيخ الصنهاجي

Matan Al Jurumiyah

اْلِإعْرَابُ هُوَ تَغْيِيْرُ أَوَاخِرِ الْكَلِمِ، لِاخْتِلَافِ الْعَوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا لَفْظًا أَوْ تَقْدِيْرًا

I’rab adalah perubahan akhir kalimat karena perbedaan amil yang masuk padanya, baik perubahan secara jelas (lafdzi) atau dikira-kira.

وَأَقْسَامُهُ أَرْبَعةَ: رَفْعٌ، وَنَصْبٌ، وَخَفْضٌ، وَجَزْمٌ

Pembagian I’rob ada empat: rafa’, nashab, jer (khafadh), jazm.

فَلِلْأَسْمَاءِ مِنْ ذَلِكَ الْرَّفْعُ، وَالنَّصْبُ، وَالْخَفْضُ، وَلَا جَزْمَ فِيْهَا

Untuk kalimat Isim adalah rafa’, nashab dan jer (khafadh), dan tidak ada jazem dalam kalimat isim

وللأفعالِ من ذلك: الرفع، والنصب، والجزم, ولا خَفضَ فيها

Untuk kalimat fi’il adalah adalah rafa’, nashab dan jazm, dan tidak ada jer (khafadh) dalam kalimat isim


نظم الْعمر يطى للشيخ شرف الدين يحيى الْعمر يطى

Nazhom Al Imrithi 


إِعْرَابُهُمْ تَغْييرُ آخِرِ الْكَلِمْ ۞ تَقْدِيراً أو لَفْظاً لِعَامِلٍ عُلِمْ

i’rob menurut ahli nahwu adalah perubahan akhir kalimat secara kira-kira atau secara lafadz karena amil yang telah diketahui

أَقْسَامُهُ أَرْبَعَةٌ فَلْتُعْتَبَرْ ۞ رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَكَذَا جَزْمٌ وَجرْ

pembagianya ada empat maka hendaknya diketahui, yaitu rofa’ nasab begitu juga jazem dan jer

وَالكُلُّ غَيْر الجَزمِ فِي الأَسمَا يَقَعْ ۞ وَكُلُّهَا فِي الْفِعْلِ وَالْخَفْضُ امْتَنَعْ

semuanya kecuali jazem itu masuk dalam isim. dan semuanya masuk dalam fi’il, dan jer itu terlarang

وَسَائِرُ الأَسْمَاءِ حَيْثُ لاَ شَبَهْ ۞ قَرَّبَهَا مِنَ الحُرُوْفِ مُعْرَبَهْ

seluruh isim selama tidak ada keserupaan yang mendekatkanya kepada huruf itu isim mu’rob

وَغَيْرُذِي الأَسْمَاء مَبْنِيُّ خَلاَ ۞ مُضَارِعٍ مِنْ كُلِّ نُونٍ قَدْ خَلاَ

selain isim-isim ini adalah mabni, selain fi’il mudlari’ yang sunyi dari setiap nun

نظم الْفية ابن مالك

Alfiyah Ibn Malik

والرّفع والنّصب اجعلن اعرابا ۞ لاسم وفعل نحو لن أهابا

jadikanlah rofa; dan nashab sebagai alamat irab bagi isim dan fiil seperti lalfal  lan ahhaban

والاسم قد خصّص بالجرّ كما ۞ قد خصّص الفعل بأن ينجزما

isim di khusus kan untuk jer, seperti halnya fi'il dihususkan dijazemkan



Posting Komentar untuk "Bab I'rab Kitab Jurumiyah, Imrithi dan Alfiyah"