Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab kalam Kitab Jurumiyah, Imrithi dan Alfiyah

 

Bab kalam Kitab Jurumiyah, Imrithi dan Alfiyah


مَتْنُ الْآجُرُّومِيَّةِ  للشيخ الصنهاجي

Matan Al Jurumiyah

الكَلَامُ: هُوَ الَّلفْظُ المُرَكَّبُ المُفِيدُ بِالوَضْعِ

Kalam adalah susunan kata yang sempurna menurut standar bahasa Arab

وَأَقْسَامُهُ ثَلَاثَةٌ: اِسْمٌ وَفِعْلٌ وَحَرْفٌ جَاءَ لِمَعْنَى

Kalam terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu isim (kata benda), fi’il (kata kerja) dan huruf yang bermakna

   فاْلِاسْمُ يُعْرَفُ: بِالْخَفضِ وَالتَّنْوِيْنِ وَدُخُوْلِ اْلَألِفِ وَالَّلَّامِ وَحُرُوْفِ الْخَفْضِ وَهِيَ: مِنْ، وَإِلَى، وَعَنْ، وَعَلَى، وَفِي, وَرُبَّ، وَالْبَاءُ، وَالْكَافُ، وَاللاَمُ، وَحُرُوْفِ القَسَمِ وَهِيَ: الْوَاوُ، وَالْبَاءُ، وَالتَّاءُ

Isim (kata benda) dapat diketahui dengan jer, tanwin, alif lam (al).

Huruf jer adalah min, ila, ‘an, ‘ala, fi, rubba, ba’, kaf, lam, huruf sumpah yaitu wawu, ba’, ta’

وَالْفِعْلُ يُعْرَفُ بِقَدْ، وَالسِّيْنِ، وَسَوْفَ، وَتَاءِ التَّأْنِيْثِ السَّاكِنَةِ

Fi’il (kata kerja) dapat diketahui dengan qad, sin, sawfa, tak ta’nits yang sukun

وَالْحَرْفُ مَا لَا يَصلُحُ مَعَهُ دَلِيْلُ اْلاِسْمِ وَلاَ دَلِيْلُ الْفِعْلِ

Huruf adalah kata yang tidak ada tanda isim dan fi’il.


نظم الْعمر يطى للشيخ شرف الدين يحيى الْعمر يطى


Nazhom Al Imrithi 


كَلاَمُهُمْ لَفْظُ مُفِيدٌ مُسْنَدُ ۞ وَالْكِلْمَةُ اللَّفْظُ المُفِيدُ المُفْرَدُ

Kalam orang arab adalah lafadz yang berfaidah yang disandarkan. dan kilmah adalah lafadz yang berfaidah yang mufrod

لاِسْمٍ وَفِعْلٍ ثُمَّ حَرْفٍ تَنْقَسِمْ ۞ وَهَذِهِ ثَلاَثَةٌ هِيَ الْكَلِمْ

kalimat terbagi menjadi isim dan fi’il lalu huruf, tiga ini adalah kalim

وَالْقَوْلُ لَفْظٌ قَدْ أفَادَ مُطْلَقاً ۞ كَقُمْ وَقَدْ وَإِنَّ زَيْداً ارْتَقَى

qoul adalah lafadz yang memberi faidah secara mutlak, seperti qum (berdirilah) dan qod (sungguh) dan inna zaidan irtaqo (sesungguhnya zaid itu naik)

فَالاِسْمُ بِالتَّنْوِينِ والْخَفْضِ عُرِفْ ۞ وحَرْفِ خَفْضٍ وَبِلاَمٍ وَأَلِفْ

isim di ketahui dengan tanwin dan jir dan huruf jir dan lam dan alif

وَالْفِعْلُ مَعْرُوفٌ بِقَدْ وَالسِّينِ ۞ وَتَاءِ تَأْنِيثٍ مَعَ التَّسْكِينِ

dan fiil diketahui dengan qod dan sin dan ta’ ta’nis yang bersama sukun

وَتَا فَعَلْتَ مُطْلَقاً كَجِئْتَ لِي ۞ وَالنُّونِ وَالْيَا فِي افْعَلَنَّ وافْعَلِي

dan ta’ nya lafadz faalta secara mutlak seperti ji’ta li (kamu datang karena aku) dan nun dan ya’ dalam contoh if’alanna dan if’ali

وَالْحَرْفُ لَمْ يَصْلُحْ لَهُ عَلاَمَهْ ۞ إلاَّ انْتِفَا قَبُولِهِ الْعَلاَمَهْ

dan huruf tidak ada tanda baginya kecuali tidak menerimanya huruf terhadap tanda

نظم الْفية ابن مالك

Nadzom Alfiyah Ibn Malik

كَلَامُنَا لَفْظٌ مُفِيدٌ كَاسْتَقِم ۞ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّّ حَرْفٌ الكَلِم

Kalam (menurut istilah) kami ialah lafadz yang bermakna lengkap seperi istaqim (luruslah). Dan kalim ialah isim , fiil dan huruf

وَاحِدُهُ كَلِمَةٌ وَالقَوْلُ عَمّ ۞ وَكِلْمَةٌ بِهَا كَلاَمٌ قَدْ يُؤَم

Bentuk tunggal kalim ialah kalimat, qoul itu umum, terkadang yang dimaksud kalimah sama dengan kalam

بِالجَرّ وَالتَّنْوِينِ وَالنِّدَا وَآلْ ۞ وَمُسْنَدٍ لِلاسْمِ تَمْيِيزٌ حَصَل

Dengan jar, tanwin, nida, al dan musnad sism dapat dibedakan (dari lainya)

بِتَا فَعَلْتَ وَأَتَتْ وَيَا افْعَلِي ۞ وَنُونِ أَقْبِلَنّ فِعْلٌ يَنْجَلِي

Dengan huruf ta’ pada lafadz fa’alta dan atat, huruf ya pada lafadz yaf’ali  dan nun pada lafaz aqbilanna fi’il tampak jelas

سِوَاهُمَا الحَرُْف كَهَلْ وَفِي وَلَم ۞ فِعْلٌ مُضَارِعُ يَلِي لَمْ كَيَشَمْ

Selain isim dan fi’il ialah huruf, seperti hal, fi, dan lam. fi’il mudhori ialah yang jatuh sesudah lam, seperti lam yasyam

وَمَاضِيَ الأَفْعَالِ بِالتَّا مِزْ ، وَسِم ۞ بِالنُّونِ فِعْلَ الأمرِ إنْ أَمْرٌ فُهِم

Bedakanlah fiil madhi dengan ta’. dan tandailah fi’il amar dengan nun, bila mengandung arti perintah

وَالأَمْرُ إنْ لَمْ يَكُ لِلنُّونِ مَحَلْ ۞ فِيهِ فَهُوَ اسمٌ نَحْوُ صَهْ وَحَيَّهَل

(kalimat bermakna) amr apabila tidak menerima nun taukid adalah isim (isim fi’il), seperti lafz shah dan hayyahal

Posting Komentar untuk "Bab kalam Kitab Jurumiyah, Imrithi dan Alfiyah"