Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nabi Ilyasa' As Singkat

 

Kisah Nabi Ilyasa' As Singkat


Ilyasa' termasuk nabi-nabi Bani Israel Al-Qur'an tidak menyebut sesuatu tentang kehidupannya, kecuali penyebutannya dalam golongan nabi-nabi yang kepada mereka kita wajib beriman.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَاذْكُرْ إِسْمٰعِيلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ   ۖ وَكُلٌّ مِّنَ الْأَخْيَارِ

"Dan ingatlah Ismail, Ilyasa', dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik."

(QS. Sad 38: Ayat 48)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَإِسْمٰعِيلَ وَالْيَسَعَ وَيُونُسَ وَلُوطًا   ۚ وَكُلًّا فَضَّلْنَا عَلَى الْعٰلَمِينَ


"Dan Ismail, Ilyasa', Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya),"

(QS. Al-An'am 6: Ayat 86) 

Ada yang mengatakan ia adalah anak paman Ilyas yang melakukan dakwah sesudah perpindahan Ilyas ke sisi Tuhannya, maka ia menyeru kepada penyemhan Allah dengan berpegang pada ajaran nabi Allah Ilyas as. dan syariatnya, serta mengatakan bahwa telah banyak terjadi bencana dan dosa.

Al-Qur'an juga tidak menyebut banyak tentang Ilyas dengan isyarat kenabian kepada Ilyasa'. Adapun kitab-kitab sejarah, maka mereka menyebut banyak tentang Ilyas ddengan keterangan yang berasal dari cerita-cerita Bani Israel (Israiliyat). Akan tetapi terdapat riwayat thabari dan lainnya yang kami pilih dan kami sebutkan ringkasannya di sini untuk sekedar diketahui.

Sesungguhnya Ilyas as ketika menyeru Bani Israel untuk meninggalkan penyembahan berhala dan hanya menyembah Allah saja, mereka pun menolak ajakannya dan tidak menurutinya.

Maka ia berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Allah, Sesungguhnya Bani Israel telah menolak ajakanku dan tetap dalam kekafiran serta menyembah selain Engkau, oleh karena itu rubahlah kenikmatan-Mu atas mereka. "

Kemudian Allah mewahyukan kepadanya: "Sesungguhnya Kami jadikan rezeki mereka berada di tanganmu, maka engkaulah yang menyuruh hal itu."

Ilyas berkata: "Ya Allah, tahanlah hujan di atas mereka."

Maka hujan pun tidak turun selama tiga tahun, hingga binasalah ternak dan tanaman, dan orang-orang pun merasakan kelaparan yang sangat

Ketika Ilyas mengutuk mereka, ia bersembunyi dari mereka dan ia mendapatkan rezekinya di mana ia berada.

Adalah Bani Israel setiap mendapatkan bau roti dalam satu rumah, mereka berkata: "Di sini ada llyas", lalu mereka mencarinya dan mengganggu penghuni rumah itu.

Pada suatu kali ia masuk ke rumah seorang perempuan Bani Israel yang mempunyai putra bernama Ilyasa' bin Akhtub yang sedang sakit. Maka ia menerima Ilyas dan merahasiakannya.

Kemudian Ilyas berdoa kepada Tuhan bagi putranya, sehingga sembuhlah Ilyasa'. Kemudian ia mengikuti Ilyas dan beriman, membenarkannya serta menemaninya. la pergi bersama Ilyas kemana saja, padahal llyas telah lanjut

usianya sedangkan llyasa' seorang anak yang masih muda.

Kemudian Ilyas berkata kepada Bani Israel: "Apabila kalian meninggalkan penyembahan berhala, aku doakan kepada Alllah untuk membebaskan bencana itu dari kamu, maka mereka pun mengeluarkan berhala-berhala dan benda-benda sembahan mereka, sehingga Ilyas mendoakan bagi mereka dan bebaslah mereka dari bencana dan kesulitan, maka hiduplah negeri mereka.

Namun mereka tidak meninggalkan perbuatan-perbuatan mereka semula dan tidak berbuat kebenaran.

Ketika itu llyas melihat perbuatan itu dari mereka, ia pun berdoa kepada Tuhanya agar mencabut nyawanya dan membebaskannya dari gangguan mereka, sehingga Allah mematikannya dan mengangkatnya. Kemudian Allah mengutus llyasa' kepada mereka sesudah ilyas.


Posting Komentar untuk "Kisah Nabi Ilyasa' As Singkat"