Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anjuran Mengerjakan Shalat Tarawih Pada Malam Ramadhan

Anjuran Mengerjakan Shalat Tarawih Pada Malam Ramadhan


Shalat tarawih atau shalat qiyam, tidak kita jumpai pada bulan-bulan lain, kecuali di bulan Ramadhan. Hal ini, tentu merupakan keistimewaan tersendiri. sehingga mengerjakan shalat tarawih sangat dianjurkan pada malam bulan suci ramadhan.

Shalat tarawih adalah shalat sunnat pada bulan Ramadhan yang pernah dikerjakan oleh Rasulullah saw. sebanyak 11 rakaat, yaitu 8 rakaat tarawih dan 3 rakaat witir. Di masa Umar bin Khathab menurut riwayat di Madinah dikerjakan sebanyak 23 rakaat, sedang yang menjadi imam adalah Ubay bin Kaab. Amalan Umar bin Khathab ini disepakati oleh ijma'. 

Shalat sunnat tarawih mengandung banyak kebaikan. 

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari No. 37 dan Muslim No. 759). 

Para ulama sepakat bahwa redaksi “qâma ramadhâna” di dalam hadits tersebut diarahkan pada shalat tarawih. Ulama sepakat atas kesunnahan tarawih dan sesungguhnya tarawih adalah shalat yang dikehendaki dalam hadits Nabi. Barang siapa beribadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau. Hadits diriwayatkan al-Bukhari. Adapun sabda Nabi “imanan”, maksudnya adalah membenarkan bahwa yang demikian itu haq seraya meyakini keutamaannya. 

 Shalat tarawih berjamaah dengan imam pahalanya seperti shalat semalam penuh.

Dari Abu Dzar ra., Nabi saw. pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً.

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)


Setelah melaksanakan salat tarawih ditutup dengan salat witir yang yang jumlah rakaatnya ganjil


Posting Komentar untuk "Anjuran Mengerjakan Shalat Tarawih Pada Malam Ramadhan "