Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahan Artinya

 

Bacaan Niat dan Buka Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahan Artinya

Niat menjadi pondasi dari puasa ramadhan, penentu apakah puasa yang dilaksanakan sah atau tidak. Sedangkan doa berbuka menjadi akhir dari ibadah puasa selama satu hari. Doa berbuka juga mengisyaratkan bahwa sudah waktunya untuk membatalkan puasa.

Bagi seorang muslim yang bertaqwa tentu sudh memahami bagaimana bacaan niat serta doa berbuka puasa. Namun ada beberapa orang yang masih keliru melafalkannya. Oleh karena itu, perlu mengulas kembali bagaimana niat puasa dan doa berbuka puasa ramadhan yang benar.

Yang pertama adalah niat puasa. Niat puasa ramdhan dibaca pada malam hari sehari sebelum berpuasa. Jika melakukan puasa pada tanggal 1 ramadhan, maka niat dibaca mulai sesudah sholat isya sehari sebelumnya, tepat ketika hilal pertama kali terlihat.

Batas waktu akhir mengucapkan niat puasa ramadhan adalah pada saat masuk waktu imsak. Jadi, kita boleh mengucapkan niat puasa pada tiga waktu mustajab, yakni setelah sholat isya atau tarawih, sebelum tidur dan ketika selesai makan sahur.

Sebelum sahur, biasanya kita tidur terlebih dahulu untuk memulihkan energi. Namun ada juga beberapa orang yang memilih tidak tidur dan menunggu waktu sahur sambil mengerjakan sholat sunnah seperti tahajud ataupun istikharah.

Setiap muslim dianjurkan untuk membaca niat setiap akan melakukan kegiatan terutama yang bernilai ibadah salah satunya membaca niat puasa wajib bulan ramadhan

Puasa wajib pada bulan suci ramadhan adalah ibadah mulia yang harus dilakukan oleh semua umat muslim. Dalam Al-quran dijelaskan bahwa pada bulan tersebut semua umat muslim harus menjalankan puasa, Kecuali bagi yang berhalangan Seperti dalam keadaan sakit maupun dalam perjalanan diperbolehkan untuk meninggalkannya namun harus menggantinya pada hari lain. 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

yaaa ayyuhallaziina aamanuu kutiba 'alaikumush-shiyaamu kamaa kutiba 'alallaziina ming qoblikum la'allakum tattaquun

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 183)

Dalam menjalankan puasa ramadhan, yang paling penting dan perlu kita ketahui adalah bacaan niat dan doa Berbuka puasa wajib ramadhan

Bacaan niat puasa wajib pada bulan Ramadhan Arab , latin dan Terjemahannya

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat puasa ramadhan yang benar sesuai sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia secara lengkap dan detail.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhona haadzihis sanati lillahi ta'ala

Artinya:

"Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan dilakukan mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Pada waktu tersebut kita dilarang makan, minum dan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti berbohong, marah, berbuat zina dan lain sebagainya.

Doa berbuka puasa dibaca untuk membatalkan puasa ramadhan yang ditunaikan. Setelah berdoa untuk berbuka, dilanjutkan dengan minum air terlebih dahulu supaya perut tidak kaget dan bisa mencerna dengan sempurna.

Membaca doa ketika hendak berbuka puasa wajib pada bulan Ramadhan sangat dianjurkan, Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk berdoa disetiap semua aktivitas, karena dengan berdoa akan mendapatkan keberkahan dalam aktivitas, termasuk berdoa buka puasa ramadhan

Melatih dengan Membiasakan diri untuk selalu berdoa ketika hendak berbuka puasa merupakan wujud puji syukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah SWT di bulan suci ramadhan ini.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kita untuk bersyukur karena telah mampu berpuasa sehari penuh dengan doa.

Doa Buka Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahan Artinya


Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahan Artinya

Berikut adalah teks lafadz bacaan doa berbuka puasa ramadhan yang benar dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia atau artinya secara lengkap. Mudah dihafal untuk umum

َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya:

"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih." 

kebahagiaan bagi orang yang berbuka berpuasa

 sabda Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam.

 لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ: فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ 

Artinya, “Orang yang berpuasa akan meraih dua kegembiraan, kegembiaran ketika berbuka puasa/berhari raya, dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya,” (HR Muslim). 

Pertama, kegembiraan saat berbuka karena telah terbebas dari tanggungan perintah suci dari Allah atau sebab mendapatkan pertolongan dapat menyempurnakan puasa atau sebab dapat makan dan minum sesudah menahan lapar dan dahaga atau sebab meraih pahala yang diharapkan. 

Kedua, kegembiraan saat bertemu Tuhan sebab mendapatkan balasan amal puasa, mendapatkan pujian, atau keberuntungan dapat berjumpa dengan Allah. 




Posting Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemahan Artinya"