Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Anjuran Puasa Asyura Arab Dan terjemahan Arti

Hadits Anjuran Puasa Asyura Arab Dan terjemahan Arti


hari Asyura dijadikan sebagai hari raya oleh orang-orang Yahudi. Karena itu, tidak berlebihan apabila hari Asyura dimuliakan oleh mereka.

 وعَنْ أَبِي مُوسَى رضي الله عنه ، قَالَ: كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَعُدُّهُ الْيَهُودُ عِيدًا. قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم : فَصُومُوهُ أَنْتُمْ

Dari Abu Musa r.a., ujarnya: 

"Hari Asyura adalah hari yang dimuliakan oleh orang-orang Yahudi dan dijadikannya hari raya. Maka bersabda Rasulullah SAW. "Ber puasalah kamu di hari Asyura itu!" (HR. Muslim).

Dari Abu Musa r.a., juga: 

كانَ أَهْلُ خَيْبَرَ يَصُومُونَ يَومَ عَاشُورَاءَ، يَتَّخِذُونَهُ عِيدًا وَيُلْبِسُونَ نِسَاءَهُمْ فيه حُلِيَّهُمْ وَشَارَتَهُمْ، فَقالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: فَصُومُوهُ أَنْتُمْ

"Penduduk Khaibar berpuasa pada hari Asyura dan menjadikannya sebagai hari raya, wanita-wanita mereka memakai perhiasan dan pakaian-pakaian yang indah pada hari itu. Kemudian Rasulullah saw bersabda, "Berpuasalah kamu (pada hari itu)." (HR. Muslim)

Dalam hadits lain berbunyi:

انَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِصِيَامِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانَ كَانَ مَنْ شَاءَ صَامَ وَمَنْ شَاءَ أَفْطَرَ

“Aisyah ra. berkata Dahulu Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam memerintahkan untuk puasa di hari ‘Asyura. Dan ketika puasa Ramadhan diwajibkan, barangsiapa yang ingin (berpuasa di hari ‘Asyura) ia boleh berpuasa dan barangsiapa yang ingin (tidak berpuasa) ia boleh berbuka”. (HR. Al Bukhari No 1897)


Ibnu abbas berkata “Berpuasalah pada hari asyura’ dan berbedalah dengan orang yahudi. Berpuasalah sehari sebelum asyura’ dan sehari sesudahnya.” (HR Ahmad)

Dalam riwayat Imam Baihaqi disebutkan:

 صُوْمُوْا التَّاسِعُ وَالْعَاشِرُ وَلَا تُشَبِّهُوْا بِالْيَهُوْدِ

“Berpuasalah pada hari tasu’a dan asyura’ dan janganlah kalian semua menyerupai orang-orang yahudi.”



Posting Komentar untuk "Hadits Anjuran Puasa Asyura Arab Dan terjemahan Arti"