Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab Nakiroh dan Ma'rifat Kitab Imrithi dan Alfiyah ibnu malik

 

Bab Nakiroh dan Ma'rifat  Kitab Imrithi dan Alfiyah ibnu malik


نظم الْعمر يطى للشيخ شرف الدين يحيى الْعمر يطى


Kitab Nadzom Imrithi

وَإِنْ تُرِدْ تَعْرِيف الاِسْمِ النكرة … فَهْوَ الَّذي يَقْبَلُ أَلْ مَؤَثِّرَهْ

Jika kamu ingin mendefinisikan isim nakirah, yaitu isim yang menerima al muasstirah

وَغَيرُهُ مَعَارِفٌ وتُحْصَرُ … فِي سِتَّةٍ فَالأَوَّلُ مُضْمَرُ

Selain isim nakirah adalah makrifat , dan teringkas di enam, yang pertama adalah isim dlomir

يُكْنَى بِهِ عَنْ ظَاهِرٍ فَيَنْتَمِي … لِلْغَيْبِ والْحُضُورِ والتَّكَلمِ

Dibuat sebutan dari isim zohir, maka digolongkan pada ghoib, hadir dan takallum

وَقَسَّمُوهُ ثَانياً لِمُتَّصِلْ … مُسْتَتِرٍ أَوْ بَارِزٍ أَوْ مُنْفَصِلْ

Dan ulama’ membagi dlomir untuk yang kedua kalinya pada muttasil mustatir atau bariz, atau munfasil

ثَانِي المَعَارِفِ الشَّهِيرُ بِالْعَلَمْ … كَجَعْفَرٍ وَمَكَّةٍ وَكَالحَرَمْ

Makrifat yang kedua disebut alam, seperti Jakfar , Makkah dan haram

وَأُمُّ عَمْرٍو وَأَبي سَعِيدٍ … وَنَحْوِ كَهْفِ الظُّلْمِ وَالرَّشَيْدِ

Dan ummu amr dan abi said, dan seperti kahfi zulmi dan rosyid

فَمَا أَتَى مِنْهُ بِأُمٍّ أَوْ بِأَبْ … فَكُنْيَةٌ وَغَيْرُهُ اسْمٌ أَوْ لَقَبْ

Setiap yang di dahului umm atau ab maka itu kunyah, dan selain kunyah itu isim atau laqob

فَمَا بِمَدْحٍ أَوْ بِذَمٍّ مُشْعِرُ … فَلَقَبٌ وَالاِسْمُ مَا لاَ يُشْعِرُ

Dan yang menunjukkan pujian atau celaan itu laqob, isim adalah yang tidak menunjukkan

ثَالِثُهَا إِشَارَةٌ كَذَا وَذِي … رَابِعُهَا مَوْصُولُ الاِسْمِ كَالَّذِي

Yang ketiga adalah isyarah, seperti dza, dan dzi, yang keempat adalah mausul seperti alladzi

خَامِسُهَا مُعَرَّفٌ بِحَرْفِ أَلْ … كَمَا تَقُولُ فِي مَحَلِّ المَحَلْ

Yang kelima adalah yang dimakrifatkna dengan al, seperti ucapanmu di lafaz mahal al mahal

سَادِسُهَا مَا كَانَ مِنْ مُضَافِ … لِوَاحِدٍ مِن هذِهِ الأَصْنَافِ

Yang keenam adalah isim yang di mudlofkan pada salah satu kelompok-kelompok ini

كَقَوْلِكَ ابْنِي وَابْنُ زَيْدٍ وَابْنُ ذِي … وَابْنُ الَّذِي ضَرَبْتُهُ وَابْنُ الْبَذِي

Seperti ucapanmu, ibni, ibu Zaidin, ibnu dzi, ibu alladzi dlorobtuhu, ibnul badzi


نظم الْفية ابن مالك

Kitab Nadzom Alfiyah Ibn Malik

نكرة قابل أل مؤثرا ۞ أو واقعّ موقع ما قد ذكرا

nakirah adalah isim yang menerima al yang memberi bekas, atau menempati tempat isim yg telah disebut

وغيره معرفة كهم وذي ۞ وهند وابني والغلام والذي

selain nakirah adalah ma’rifat seperti hum, dzi, hind, ibni , al ghulam dan alladzi

فما لذي غيبة أو حضور ۞ كأنت وهو سمّ بالضّمير

isim yang untuk makna ghoib dan hadir seperti anta dan huwa sebutlah dlomir

وذو اتصال منه ما لا يبتدا ۞ ولا يلي إلا اختيارا أبدا

dlomir muttasil itu dlomir yang tidak dapat dipermula’an dan selamanya tidak jatuh selah illa dalam keadaan biasa 

كالياء والكاف من ابني أكرمك ۞ والياء والها من سلييه ما ملك

seperti ya’ dan kaf dari ibni akromak , dan ya’ dan ha’ dari salihi ma malak

وكلّ مضمر له البنا يجب ۞ ولفظ ما جرّ كلفظ ما نصب

setiap dlomir wajib mabni, lafadz yang di jer kan itu seperti yang di nashobkan

للرّفع والنّصب وجرّنا صلح ۞ كاعرف بنا فإننا نلنا المنح

Na itu dapt untuk rofa’ dan nashob, seperti contoh i’rif bina fainna nilna minah

وألف ّ والواو والنون لما ۞ غاب وغيره كقاما واعلما

alif wawu dan nun itu untuk ghoib dan selain ghoib seperti qoma dan i’lama

ومن ضمير الرّفع ما يستتر ۞ كافعل أوافق نغتبط إذ تشكر

di antara dlomir rofa’ adan yang mustatir, seperti if’al uwafiq naghtabi dan idz tasykuru

وذو إرتفاع وانفصال أنا هو ۞ وأنت والفروع لا تشتبه

dlomir rofan dan munfasil adalah ana huwa anta, dan cabang-cabang tidak serupa

وذو انتصاب في انفصال جعلا ۞ إيّاي والتفريع ليس مشكلا

dlomir nashob di munfasil di jadikan iyaya , dan  pencabangan tidak musykil

وفي اختيار لا يجيء المنفصل ۞ إذ تأتّى أن يجئ المتصل

dalam keadaan bisa memilih dlomir munfasil tidak boleh datang , jika mungkin kedatangan muttasil

وصل أو افصل هاء سلنيه وما ۞ أشبهه في كنته الخلف أنتمي

sambung atau pisah kan ha’ lafadz salnihi dan yang menyerupainya, dalam kuntuhu terjadi khilaf

كذاك خلتنيه واتصالا ۞ أختار غيري اختار الانفصالا

begitu jugak khiltanihi, saya memilih sambung , selain saya memilih pisah

وقدّم الأخصّ في اتصال ۞ وقدّمن ما شئت في اتفصال

dahuluan yang lebih khusus ketika sambung , dan dahulukan yang kau suka ketika pisah

وفي اتحاد الرتبة الزم فصلا ۞ وقد يبيح الغيب فيه وصلا

dalam tunggalnya derajat wajibkan pisah, dan terkadang dlomir ghoib diperbolehkan sambung

وقبل يا النّفس مع الفعل التزم ۞ نون وقاية وليسي قد نظم

sebelum ya’ nafsi yang besama fi’il tetapkanlah nun wiqoyah, lafadz laisi itu di nadzomkan

وليتني فشا وليتي ندرا ۞ ومع لعلّ اعكس وكن مخيّرا

 في الباقيات واضطرارا خفّفا ۞ منّي وعنّي بعض من قد سلفا

laitani itu mashur, laiti itu jarang, bersama la’allah baliklah,dan jadilah orang yang memilih di sisanya,dalam keadaan dlorurat sebagian orang salam meringankan minni dan anni

وفي لدنّي لدني قلّ وفي ۞ قدني وقطني الحذف أيضا قد يفي

dalam ladunni laduni itu sedikit, dalam qodni dan qothni pembuangan juga terjadi












Posting Komentar untuk "Bab Nakiroh dan Ma'rifat Kitab Imrithi dan Alfiyah ibnu malik"