Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab Maf’ul Ma’ah - Kitab Jurumiyah beserta Bagan dan Penjelasannya

Bab Maf’ul Ma’ah - Kitab Jurumiyah beserta Bagan dan Penjelasannya



>>>Daftar Arti setiap Bab Kitab Al Jurumiyah Beserta Tabel Bagan

مَتْنُ الْآجُرُّومِيَّةِ  للشيخ الصنهاجي

Matan Al Jurumiyah 

Penyusun /Pengarang : Ibnu Aajurruumi Muhammad bin Muhammad bin Dawud As-Shanhaji Alfaasiy

Bab Maf’ul Ma’ah - بَابُ الْمَفْعُوْلِ مَعَهُ 


وَهُوَ الْاِسْمُ الْمَنْصُوْبُ الَّذِيْ يُذْكَرُ لِبَيَانِ مَنْ فُعِلَ مَعَهُ الْفِعْلُ، نَحْوُ قَوْلِكَ: جَاءَ الْأَمِيْرُ وَالْجَيْشَ،وَاسْتَوَى الْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ

Maf’ul ma’ah ialah isim yang dibaca nashob yang disebutkan untuk menjelaskan perkara , yang perkara itu disertai perkara yang lain . seperti ucapanmu : jaa’al amiiru wal jaisya (telah datang seorang panglima beserta pasukanya) , istawal maa’u wal khosyaba  (telah rata air dengan kayu).

وَأَمَّا خَبَرُ كَانَ وَأَخَوَاتُهَا، وَاِسْمُ إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا، فَقَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُهُمَا فِي الْمَرْفُوْعَاتِ، وَكَذَلِكَ التَّوّابِعُ فَقَدْ تَقَدَّمَتْ هُنَاكَ

Adapun khobarnya kaana dan saudara saudaranya , dan isimnya inna dan saudara saudaranya telah diterangkan pada bab isim isim yang dirafa’kan , demikian pula lafadz lafadz yang mengikuti ( na’at , athaf , taukid , badal ) yang semuanya telah diterangkan di bab bab terdahulu .

--------------------

Maf’ul ma’ah termasuk isim yang dinashabkan yang disebut untuk menjelaskan penyertaan seseorang atau sesuatu dalam suatu perbuatan. 
Contohnya :

جَاءَ اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ وَاِسْتَوَى اَلْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ
(Seorang pemimpin telah datang bersama tentaranya, Air mengalir bersama kayu)

Adapun pembahasan tentang “khabar kaana” dan “saudara-saudara kaana” dan “isim inna” dan “saudara-saudara inna”  maka sungguh telah diberikan penjelasannya pada bab isim-isim yang di-rafa’a-kan begitu juga dengan pembahasan kata pengikut yang di-nashab-kan (na’at, ‘athaf, taukid, badal)  telah dijelaskan disana.
 

Posting Komentar untuk "Bab Maf’ul Ma’ah - Kitab Jurumiyah beserta Bagan dan Penjelasannya"