Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beriman Kepada Kitab Yang Diturunkan Kepada Para Nabi Beserta Dalil -dalilnya dalam al qur'an

Beriman Kepada Kitab Yang Diturunkan Kepada Para Nabi Beserta Dalil -dalilnya dalam al qur'an


setiap muslim yang beriman tentu harus dan wajib beriman kepada kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT kepada para Nabi. Iman kepada kitab Allah SWT berarti percaya dan meyakini bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya untuk dijadikan petunjuk dan pedoman hidup manusia. 

Allah Ta'ala berfirman:

ءَامَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ ءَامَنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“Rasul Telah beriman kepada al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali." (QS. al-Baqarah: 285).

Nama Kitab Yang Diturunkan Allah SWT dan Nabi Yang Menerima Kitab


Muslim Beriman bahwa Allah SWT telah menurunkan beberapa kitab yang wajib diketahui. Yakni, 
1. Kitab Taurat kepada Nabi Musa as,
2. Zabur kepada Nabi Dawud as.
3. Injil kepada Nabi Isa As
4. al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW,

4 Nama Kitab Allah beserta Rasul yang Menerimanya. Nama kitab kitab Allah diterima oleh utusan (nabi) yang berbeda, berikut penjelasan dari urutan penerima juga dan bahasa yang digunakannya: 

1. Kitab Taurat 

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as kurang lebih pada abad 12 SM (Sebelum Masehi) di daerah Israil dan Mesir. Kitab Taurat menggunakan bahasa Ibrani.
Taurat adalah sebuah kitab yang diturunkan kepada Musa AS. 

Sebagimana firman Allah 

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسَى ٱلْكِتَٰبَ مِنۢ بَعْدِ مَآ أَهْلَكْنَا ٱلْقُرُونَ ٱلْأُولَىٰ بَصَآئِرَ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لَّعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

"Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat) sesudah Kami binasakan generasi-generasi yang terdahulu, untuk menjadi pelita bagi manusia, petunjuk dan rahmat, agar mereka ingat." QS. Al-Qashash -Ayat 43

Allah menurunkan Taurat semuanya dalam bentuk tulisan yang ditulis pada lembaran tertentu. Allah berfirman,

وَكَتَبْنَا لَهُۥ فِى ٱلْأَلْوَاحِ مِن كُلِّ شَىْءٍ مَّوْعِظَةً وَتَفْصِيلًا لِّكُلِّ شَىْءٍ فَخُذْهَا بِقُوَّةٍ وَأْمُرْ قَوْمَكَ يَأْخُذُوا۟ بِأَحْسَنِهَا ۚ سَأُو۟رِيكُمْ دَارَ ٱلْفَٰسِقِينَ


"Dan telah Kami tuliskan untuk Musa pada luh-luh (Taurat) segala sesuatu sebagai pelajaran dan penjelasan bagi segala sesuatu; maka (Kami berfirman), "Berpeganglah kepadanya dengan teguh, dan suruhlah kaummu berpegang teguh kepada (perintah-perintahnya) yang sebaik-baiknya, nanti Aku akan memperlihatkan kepadamu negeri orang-orang yang fasik." QS. Al-A'raf -145 [7:145].

2. Kitab Zabur 

Kitab Zabur adalah diturunkan kepada Nabi Dawud as ketika beliau menduduki tahta sebagai raja Bani Israil pada abad 10 SM di tanah Kanaan.

Allah berfirman dalam al qur'an

۞ إِنَّآ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ كَمَآ أَوْحَيْنَآ إِلَىٰ نُوحٍ وَٱلنَّبِيِّۦنَ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَأَوْحَيْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَٰرُونَ وَسُلَيْمَٰنَ ۚ وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورً

"Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang sesudahnya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, dan anak cucunya. Isa, Ayyub, Yunus, Harun, dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud." QS. An-Nisa - Ayat 163 [4:163]. 

3. Kitab Injil 

Kitab Injil adalah diturunkan kepada Nabi Isa as pada sekitar abad 1 Masehi di daerah Yerussalem. Dalam bahasa Yunani Injil berarti kabar selamat, pelajaran yang baru atau kabar gembira.
Injil adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa as sebagai konfirmasi kebenaran Taurat, dan isinya cocok dengan Taurat. 
Allah berfirman, 

وَقَفَّيْنَا عَلَىٰٓ ءَاثَٰرِهِم بِعِيسَى ٱبْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ ٱلتَّوْرَىٰةِ ۖ وَءَاتَيْنَٰهُ ٱلْإِنجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ ٱلتَّوْرَىٰةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِينَ

"Dan Kami iringkan jejak mereka (Nabi-nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya kitab Injil, sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk, serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa." QS. Al-Maidah - Surah 5 Ayat 46 [5:46].

4. Kitab al-Qur'an 

Kitab al Qur'an adalah mulai diturunkan kepada Nabi Muhammad saw pada abad 6 Masehi di Mekkah. Peristiwa turunnya al-Quran atau dikenal dengan Nuzulul Qur'an, terjadi pertama kali ketika Nabi Muhammad menyendiri di Gua Hira, Mekkah. Turunnya al-Quran menandai awal diangkatnya Muhammad saw sebagai Rasulullah (utusan Allah), Usia beliau saat itu genap 40 Tahun.
Al-Qur'an terdiri dari 114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat, al-Qur'an diwahyukan selama 22 Tahun 2 Bulan dan 22 hari. Al-Quran menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah SWT yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Ia diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil 'alamin.

muslim wajib meyakini dan melaksanakan semua yang dibawa dan disampaikan oleh Rasulullah SAW, baik berupa perintah, larangan atau hal yang terkait dengan kabar tentang hal-hal gaib. Dalam hal ini Allah SWT berfirman:

وَمَا ءَاتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ. (الحشر، 7).

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya." (QS. al-Hasyr : 7).

Apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW adalah perkara yang wajib diyakini kebenarannya. Termaktub semuanya di dalam al-Qur’an dan hadits. Ketika Allah SWT dan Rasulullah SAW menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir, maka hal tersebut wajib diyakini kebenarannya. Begitu pula pengakuan Allah SWT dan rasul-Nya kepada sahabat nabi, maka wajib bagi umat Islam untuk meyakininya.

Meyakini apa yang dibawa oleh Nabi SAW bisa berarti bahwa umat Islam wajib melaksanakan semua perintah dan menjauhi larangan Allah SWT dan Rasul-Nya. Melaksanakan shalat, puasa, zakat, haji, berbuat baik kepada semua makhluk Allah SWT, kemudian tidak melakukan pencurian, perzinahan, perusakan lingkungan, aniaya, penipuan dan semacamnya, adalah bentuk dari upaya untuk melaksanakan apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW. 

Kitab Yang Diturunkan Kepada Para Nabi 

mengenai nama kitab yang diturunkan oleh Allah SWT beserta nama nabi penerima disebutkan juga dalam kitab aqidatul awam.
Kitab Aqidatul Awam merupakan kitab ilmu tauhid / aqidah salah satunya membahas tentang Kitab- Kitab yang diturunkan Allah SWT : Taurat, Zabur, injil, Al-Qur’an serta shuhuf-shuhuf . kitab nadham Aqidatul Awam adalah kitab yang dikarang /disusun oleh Syaikh Ahmad Marzuki, pengarang berkata

أَرْبَـعَةٌ مِنْ كُتُبٍ تَفْصِيْلُهَا تَوْرَاةُ مُـوْسَى بِالْهُدَى تَنْزِيْلُهَا

زَبُوْرُ دَاوُدَ وَإِنْجـِيْلُ عَلَى عِيْسَى وَفُرْقَانٌ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ


ada empat  kitab yang di turunkan : Taurat pada nabi Musa As yang menjadi petunjuk Zabur pada nabi Daud , injil diturunkan pada nabi Isa as, al furqan (Al-Qur’an) pada sebaik Insan (Muhammad SAW).

وَصُـحُفُ الْخَلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ فِيْهَا كَـلاَمُ الْحَكَمِ الْعَلِيْمِ


Shuhuf al khalil (Nabi Ibrahim) dan (al kalim)Nabi Musa, di dalamnya terdapat firman Tuhan Yang Maka Bijaksana lagi Maha Mengetahui.



Posting Komentar untuk "Beriman Kepada Kitab Yang Diturunkan Kepada Para Nabi Beserta Dalil -dalilnya dalam al qur'an"