Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatul Mustafid

 

Pengertian Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatul Mustafid

Kitab Hidayatul Mustafid Merupakan salah satu kitab yang membahas tentang Ilmu Tajwid. Kitab Hidayatul Mustafid dikarang / disusun oleh Syekh Muhammad Al-Mahmud.  kitab ini terdiri dari pertanyaan dan jawaban di setiap pasalnya, mengenai Pengertian  Ilmu Tajwid secara bahasa dan istilah Dalam Kitab Hidayatul Mustafid terdapat dalam bab fasal muqaddimah  / pendahuluan Kitab Hidayatul Mustafid. lantas apa itu tajwid?

mushonif / pengarang berkata :


س: ما حقيقة التجويد لغة واصطلاحا؟

Apa hakikat ilmu tajwid secara bahasa dan istilah

ج: التجوية لغة : الإتيان بالجيد

pengertian tajwid secara bahasa adalah mendatangkan kebaikan

واصطلاحا علم يعرف به إعطاء كل حرف حقه ومستحقه من الصفات والمدود وغير ذلك كالترقيق والتفخيم ونحوهما

pengertian tajwid secara istilah adalah ilmu yang di buat untuk mengetahui pemberian hak-hak huruf, seperti sifat dan mad, dan selain selain dual hal tersebut, seperti tarqiq tafkhim.

sehingga dapat ditarik kesimpulan 

pengertian tajwid secara bahasa dan istilah 

pengertian tajwid secara bahasa adalah mendatangkan kebaikan , 

sedangkan menurut istilah pengertian tajwid  adalah ilmu yang di buat untuk mengetahui pemberian hak-hak huruf, seperti sifat dan mad, dan selain selain dual hal tersebut, seperti tarqiq tafkhim.

jadi tajwid adalah Ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul huruf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustahaqqul huruf) dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum madd, dan sebagainya. Sebagai contoh tarqiq, tafhim, dan semisalnya”.

Berdasarkan pengertian di atas, ruang lingkup tajwid secara garis besar terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: 

Haqqul Harf yaitu segala sesuatu yang wajib ada pada setiap huruf. Hak huruf meliputi sifatul huruf dan makharijul huruf. Apabila hak huruf ditiadakan, maka semua suara yang diucapkan tidak mungkin mengandung makna karena bunyinya menjadi tidak jelas 

Mustahaqqul Harf yaitu hukum-hukum baru yang timbul oleh sebab-sebab tertentu setelah hak-hak huruf melekat pada setiap huruf. Hukum-hukum ini berguna untuk menjaga hak-hak huruf tersebut serta makna-makna yang dikehendaki oleh setiap rangkaian huruf (lafaz). Mustahaqqul harf meliputi hukum-hukum seperti idzhar, ikhfa', iqlab, qalqalah, tafkhim, tarqiq, mad, waqaf dan lain-lain.


Posting Komentar untuk "Pengertian Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatul Mustafid"