Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mempelajari Ilmu Tajwid

 
Manfaat Mempelajari Ilmu Tajwid

Pengertian tajwid

pengertian tajwid secara bahasa adalah mendatangkan kebaikan , 

sedangkan menurut istilah pengertian tajwid  adalah ilmu yang di buat untuk mengetahui pemberian hak-hak huruf, seperti sifat dan mad, dan selain selain dual hal tersebut, seperti tarqiq tafkhim.

jadi tajwid adalah Ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul huruf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustahaqqul huruf) dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum madd, dan sebagainya. Sebagai contoh tarqiq, tafhim, dan semisalnya

Mengamalkan tajwid hukumnya wajib secara mutlak bagi seluruh muslim mukallaf. Orang yang sengaja tidak mengamalkan tajwid saat membaca Al-Qur’an maka ia berdosa. Karena Allah menurunkan Al-Qur’an beserta tajwidnya. Tajwid merupakan penghias bacaan Al-Qur’an. Bacaan Al-Qur’an menjadi indah karena tajwid, bukan sekedar karena indahnya suara atau langgam. Baik saat tilawah (tadarrus), adaa (talaqqi atau mengambil bacaan dari guru) maupun qiraah, yaitu membaca Al-Qur’an secara umum. 

Makna  tajwid  adalah  menerapkan  atau  membaca  huruf-huruf  Al-Qur’an  menurut

aturannya atau dengan sempurna, baik dari sisi makhraj, sifat, dan hukum-hukumnya tanpa berlebihan. Membaca Al-Qur’an akan mendapatkan hasil yang bagus tergantung terhadap rajinnya seseorang melatih ilmu yang dipelajari dengan konsisten dan diiringi dengan kesabaran.

Manfaat Mempelajari Ilmu Tajwid

a.  Lidah terjaga dari kesalahan dalam membaca Al-Qur’an. Oleh sebab itu, tajwid termasuk ilmu yang berkedudukan tinggai berkaitan sangat erat dengan firman Allah swt.

b. Mengetahui cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Banyak pembahasan yang dipelajari dalam macam hukum tajwid. Ada materi tentang makhorijul huruf, shifatul huruf, mad qashar, dan lain sebagainya.

c.  Mempelajari tajwid merupakan bagian dari menjaga Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang agung. Barangsiapa yang menjaga kalam Allah (membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid), Allah pun akan menjaga dan mencukupi kebutuhan jasmani serta rohaninya.

d. Mengetahui adab dalam membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dengan menerapkan Ilmu tajwid merupakan bagian dari etika membaca Al-Qur’an. Dan hal ini harus diketahui oleh seorang muslim.



Muhammad  Isham Muflih Al-Qudhat. Panduan Lengkap Ilmu Tajwid untuk Segala Tingkatan Cet.1. Jakarta Selatan: Turos, 2015.

Al Ikhlas. Panduan Praktis Ilmu Tajwid. Tangerang: Zizi Publizer, TT


Posting Komentar untuk "Manfaat Mempelajari Ilmu Tajwid"