Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Bab Laa لَا Kitab al jurumiyah

Penjelasan Bab Laa لَا   Kitab al jurumiyah

Bab Laa - بَابُ لَا

mengenai hukum dan penjelasan tentang la nafi jinsi telah disebutkan dalam kitab al jurumiyah :

اِعْلَمْ أَنَّ لَا تَنْصِبُ النَّكِرَاتِ بِغَيْرِ تَنْوِيْنِ إِذَا بَاشَرَتِ النَّكِرَةَ وَلَمْ تَتَكَرَّرْ لَا، نحو: لَا رَجُلَ فِي الدَّارِ.

ketahuilah ! sesungguhnya laa nafi itu bisa menashobkan isim nakirah tanpa tanwin , dengan syarat isim nakirahnya muttasil(sambung/bertemu tanpa ada pemisah) dan lafadz laa tidak beruang ulang . contoh : laa rajula fii ddaari ( tidak ada seorang laki laki di rumah ).

فَاِنْ لَمْ  تُبَاشِرْهَا  وَجَبَ الرَّفْعُ وَوَجَبَ تِكَرَ رُ لَا ، نَحْوُ: لَا فِي الدَّارِ رَجُلٌ وَلَا اِمْرَأَةٌ.

Jika laa tidak bertemu dengan isim nakirah , maka isim nakirahnya wajib dibaca rofa’ dan laa nya wajib berulang ulang . contoh : laa fii ddaari rajulun walaamra’atua (dirumah tidak ada seorang laki laki dan tidak ada seorang perempuan).

فَاِنْ تَكَرَّرَتْ جَازَ إِعْمَالُهَا وَإِلْغَاؤُهَا، فَاِنْ شِئْتَ قُلْتَ : لَا رَجُلَ فِي الدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةَ، وَاِنْ شِئْتَ قُلْتَ: لاَ رَجُلٌ فِي الدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةٌ.

Jika laa berulang ulang , maka hukum laa boleh beramal ( yaitu menashobkan isimnya ) dan boleh tidak beramal . dan jika menghendaki , maka kamu boleh mengatakan : laa rojula fii ddaari walamra’ata , laa rojulun fii ddaari walamra’atun . 

 Penjelasan Bab Laa

laa berfungsi menasabkan Isim-isim Nakirah tanpa tanwin. Apabila huruf "laa" bertemu secara langsung dengan Isim-isim Nakirah, maka huruf "laa" tidak terjadi pengulangan. Seperti Contoh :

: لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ.
Artinya :
Tiada seorang laki lakipun dirumah

Apabila laa tidak bertemu langsung dengan Isim-isim nakirah maka wajib dirafakan dan mengulang-ulang huruf laa. Seperti Contoh :

لَا فِي اَلدَّارِ رَجُلٌ وَلَا اِمْرَأَةٌ.
Artinya : tiada dirumah itu seorang laki laki dan perempuan

Jika terjadi pengulangan huruf laa, maka boleh mengamalkan laa (menjadikan laa sebagai amil yang menashabkan isim nakirah) atau membiarkan-nya. Maka jika kamu mau, kamu katakan :

.لَا رَجُلَ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةَ.
Artinya : Tiada seorang laki laki pun didalam rumah dan juga perempuan

Dan jika kamu suka, kamu bisa mengkatakan:

.لَا رَجُلٌ فِي اَلدَّارِ وَلَا اِمْرَأَةٌ".
Artinya : Tiada satu laki laki didalam rumah dan juga perempuan

Posting Komentar untuk "Penjelasan Bab Laa لَا Kitab al jurumiyah"