Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah bab hukum Nun Mati dan Tanwin Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya

 

Terjemah bab hukum Nun Mati dan Tanwin Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya

salah satu kitab yang populer dan banyak dikaji di berbagai pondok di indonesia adalah kitab Tuhfatul Athfal. Kitab Matan Tuhfatul Athfal (Tuhfah Al-Athfal) Matan Al-Jamzuriyah adalah kitab tentang kaidah ilmu tajwid dalam bentuk nadzham (syair), diharapkan bait-bait nadhom tersebut mudah dihafal dan dipelajari anak anak, oleh karenanya diberi nama kitab Tuhfatul Athfal yang berarti “Senandung Anak-Anak”.

Pengarang kitab Tuhfatul Athfal bernama Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy. nama Al-Jamzuri dikaitkan dengan Jamzur yaitu sebuah tempat dekat Thandata yang saat ini disebut Thanta yang berjarak 4 mil. Jamzur adalah tempat ayahnya yang masuk distrik Al-Manufiyah di Mesir. Al-Jamzuri adalah salah satu ulama abad ke-12 hijriyah

Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1160-an. Belajar ilmu tajwid dan qiroah (bacaan Qur’an) diantaranya dengan Syaikh Nuruddin Al Mihiy. Diantara karangannya adalah Matan Tuhfathul Athfal, Fathul Aqfal Fi Syarhi Tuhfatil Athfal, dan Fathurrahmaaniy fi Qiroatil Qur’an.

berikut penjelasan dari terjemahan Kitab tuhfatul atfal pasal  hukum bacaan Nun Mati dan Tanwin / nun sakinah wa tanwin dengan tulisan arab berharakat disertai terjemahan arti dalam bahasa indonesia.: 

Nun Mati dan Tanwin - ﺍﻟﻨﻮﻥ ﺍﻟﺴﺎﻛﻨﺔ ﻭﺍﻟﺘﻨﻮﻳﻦ


لِلنُّونِ إِنْ تَسْكُنْ وَلِلتَّنْوِينِ ۞ أَرْبَعُ أَحْكَامٍ فَخُذْ تَبْيِيْنِي
Nun jika sukun (mati) dan tanwin maka memiliki empat hukum, perhatikanlah penjelasanku

فَالأَوَّلُ الْإِظْهَارُ قَبْلَ أَحْرُفِ ۞ لِلْحَلْقِ سِتٍّ رُتِّبَتْ فَلْتَعْرِفِ
Pertama adalah Idzhar (jelas) sebelum enam huruf (khalqy) tenggorokan yang tersusun, maka ketahuilah.

هَمْزٌ فَهَاءٌ ثُمَّ عَيْنٌ حَاءُ ۞ مُهْمَلَتَانِ ثُمَّ غَيْنٌ خَاءُ
Hamzah, Ha’, ‘Ain, Ha, Ghain, dan Kho

وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِسِتَّةٍ أَتَتْ ۞ فِي يَرْمُلُونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَتْ
Kedua adalah Idgham yang memiliki 6 huruf yang terkumpul dalam kata: ﻳﺮﻣﻠﻮﻥ

لَكِنَّهَا قِسْمَانِ قِسْمٌ يُدْغَمَا ۞ فِيهِ بِغُنَّةٍ بِـ:يَنْمُو عُلِمَا
Tetapi Idgham ada dua bagian, yang pertama dengan ghunnah, yang diketahui dalam kata ينمو

إِلَّا إِذَا كَانَا بِكِلْمَةٍ فَلاَ ۞ تُدْغِمْ كـ:دُنْيَا ثُمَّ صِنْوَانٍ تَلَا
Kecuali jika dalam satu kalimat, maka jangan di idghomkan, seperti “ﺩﻧـﻴﺎ” dan “ﺻـﻨﻮﺍﻥ”

وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِغَيْرِ غُنَّهْ ۞ فِي اللَّامِ وَالرَّا ثُمَّ كَرِّرَنَّهْ
Yang kedua adalah idgham bighairi ghunnah yaitu untuk huruf lam dan ra, lalu getarkanlah

وَالثَّالِثُ الْإِقْلَابُ عِنْدَ الْبَاءِ ۞ مِيمًا بِغُنَّةٍ مَعَ الْإِخْفَاءِ
Ketiga adalah Iqlab yaitu ketika bertemu Ba, maka dibaca mim yang didengungkan serta disamarkan.

وَالرَّابِعُ الْإِخْفَاءُ عِندَ الْفَاضِلِ ۞ مِنَ الْـحُـرُوفِ وَاجِبٌ لِلْفَاضِلِ
Keempat adalah Ikhfa yaitu untuk sisa huruf yang wajib bagi orang yang mulia

فِي خَمْسَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْـرٍ رَمْزُهَا ۞ فِي كِلْمِ هَذَا البَيْتِ قَد ضَمَّنْتُهَا
di lima belas huruf, yang tadanya di kalimat-kalimat bait ini, yang telah aku susun:

صِفْ ذَا ثَنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا ۞ دُمْ طَيِّبـًا زِدْ فِي تُقًى ضَعْ ظَالِمَا

---------

Penjelasan

Dalam ilmu tajwid, terdapat hukum bacaan nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah yang jumlahnya ada 28 maka mempunyai empat hukum. berikut adalah penjelasan mengenai 4 hukum bacaan tersebut disertai dengan contoh di setiap nun mati atau tanwin yang bertemua semua huruf hijaiyyah

1. Idhar ( اظها ر) 

Idhar adalah jelasnya suara nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf-huruf tertentu ( huruf halaq).

Huruf halaq ada enam : ا ،  ه ،  ع ،  ح ،   غ ،  خ  berikut contohnya :

a. yang berbentuk tanwin :

خَ     =’ “ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا خَبِيرًا
غَ  =    إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا
إِ   =     وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ
ه  =    سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
عَ  =    فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
حَ  =  فَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

b. berbentuk Nun Mati :

خَ     =    قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ

غَ  =   وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِمْ مِنْ غِلٍّ تَجْرِي

إِ   =     فَمِنْهُمْ مَنْ آَمَنَ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ صَدَّ عَنْهُ

ه  =  إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ

عَ  =  صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ

حَ =  مِنْ حَوْلِ الْعَرْشِ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ

2. Idgham( ادغا م )

Idghom menurut bahasa berasal dari kata “ adghoma yudghimu idghooman “ yang mempunyai arti “ idkhol “ memasukkan. Sedang Menurut istilah Idghom adalah memasukkan suara nun mati atau tanwin pada huruf setelahnya yang ada enam macam yang terkumpul dalam lafadh يرملون yaitu “الياء، والراء، والميم، واللام، والواو، والنون “ sehingga seolah-olah suara Nun / tanwin hilang atau menyatu dengan huruf setelahnya.

Idghom terbagi menjadi menjadi dua macam :

a). Idghom bi ghunnah

Yaitu masuknya suara nun mati dan tanwin pada huruf setelahnya dengan disertai mendengung. Huruf-huruf idghom bighunna ada empat yang terkumpul dalam lafadh ينمو /  و م ن ي. Yaitu :

1. Ya’

2. Nun

3. Mim

4. Wawu

Contoh bentuk tanwin :

Tanwin bertemu “ Ya’ “ يَوْمَئِذٍ يَوَدُّ الَّذِينَ كَفَرُوا

Tanwin bertemu “ Nun “ وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ

Tanwin bertemu “ Mim “ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ عَذَابًا مُهِينًا

Tanwin bertemu “ Wawu “ إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا

Contoh bentuk Nun mati :

Nun Mati bertemu “ Ya’ “ لَوْ أَرَادَ اللَّهُ أَنْ يَتَّخِذَ وَلَدًا

Nun Mati bertemu “ Nun “ فَذُوقُوا فَلَنْ نَزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا

Nun Mati bertemu “ Mim “ أَلَمْ يَكُ نُطْفَةً مِنْ مَنِيٍّ يُمْنَى

Nun Mati bertemu “ Wawu “ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Catatan :

1) ketentuan di atas berlaku jika nun mati dan tanwin bertemu dengan huruf-hurufnya dalam dua kalimat. Jika dalam satu kalimat maka dibaca “ Idhar “Contoh :

- د نيا , صنوا ن , قنوا ن

b). Idghom bila ghunnah

yaitu masuknya suara nun mati dan tanwin pada huruf setelahnya dengan tanpa disertai mendengung. Artinya hanya sekedar memasukkan suara nun mati dan tanwin tersebut pada huruf setelahnya. Huruf-huruf idghom bighunnah ada dua macam: yaitu lam dan ro ( ل ر )

Contoh yang bertbentuk tanwin :

Tanwin bertemu “ Lam “ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ

Tanwin bertemu “ Ro’ “ قَالَ نُوحٌ رَبِّ إِنَّهُمْ عَصَوْنِي

Contoh Yang berbentuk Nun mati :

Nun Mati bertemu “ Lam “ أَلَا إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَكِنْ لَا يَشْعُرُونَ

Nun Mati bertemu “ Ro’ “ مَا يَأْتِيهِمْ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ

3. Iqlab ( اقلا ب )

Menurut bahasa iqlab berasal dari kata “ aqlaba yuqlibu iqlaaban “ yang berarti “ at tahwil “ mengganti. Sedang menurut istilah Iqlab adalah mengganti suara nun mati atau tanwin dengan suara mim dengan disertai adanya dengung.

Huruf bacaan iqlab ada 1 yaitu ba’ ( ب )

 Contoh tanwin bertemu Ba’

فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ

Contoh Nun bertemu ba’

وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى قَوْمِهِ مِنْ بَعْدِه

4. Ikhfa ( اخفا ء )

Menurut bahasa ikhfa’ berasal dari kata akhfa yukhfi ikhfaa-an yang mempunya arti menyamarkan atau samar. Sedang menurut istilah Ikhfa’ adalah menyamarkan suara nun mati dan tanwin( antara idhar dan idghom) ketika bertemu dengan huruf-hurufnya.

Huruf-huruf Ikhfa’ ada 15. Yang terkumppul dalam lafadh :

صف ذا ثنا كم جاد شخصٌ قد سما # دم طيبًا زد في تقى ضع ظالما

Contoh Tanwin yang bertemu huruf-huruf ikhfa’:

عَمَلا صَالِحًا - ص

وَلَهُمْ عَلَيَّ ذَنْبٌ فَأَخَافُ - ف

سِرَاعًا ذَلِكَ - ذِ

فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ ثَاقِبٌ - ث

وَنُدْخِلْكُمْ مُدْخَلًا كَرِيمًا - ك

صَبْرًا جَمِيلا - ج

قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ - د

فَالْيَوْمَ لَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا - ش

سَلامًا سَلامًا - س

إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ - ق

فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا - ط

وَنَحْشُرُ الْمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ زُرْقًا - ز

لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا - ت

تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَى - ض

ظِلا ظَلِيلا - ظ

Contoh nun mati yang bertemu huruf-huruf ikhfa’:

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ  - ص

وَمَا يَخْدَعُونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ  - ف

أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ  - ذِ

فَجَعَلَ مِنْهُ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَى  – ث

قَالَ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُنْكِحَكَ إِحْدَى ابْنَتَيَّ  - ك

وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَكُبَّتْ وُجُوهُهُمْ  – ج

وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ  – د

مَا مِنْ شَفِيعٍ إِلَّا مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ  – ش

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ  – س

وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ  – ق

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ ثُمَّ قَضَى أَجَلًا  – ط

وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً  – ز

لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا  - ت

لَا يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ إِلَى اللَّهِ  - ض

وَمَا يَنْظُرُ هَؤُلَاءِ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً مَا  – ظ


Posting Komentar untuk "Terjemah bab hukum Nun Mati dan Tanwin Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya"