Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah bab Pembagian mad Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya

 

Terjemah bab Pembagian mad Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya

salah satu kitab yang populer dan banyak dikaji di berbagai pondok di indonesia adalah kitab Tuhfatul Athfal. Kitab Matan Tuhfatul Athfal (Tuhfah Al-Athfal) Matan Al-Jamzuriyah adalah kitab tentang kaidah ilmu tajwid dalam bentuk nadzham (syair), diharapkan bait-bait nadhom tersebut mudah dihafal dan dipelajari anak anak, oleh karenanya diberi nama kitab Tuhfatul Athfal yang berarti “Senandung Anak-Anak”.

Pengarang kitab Tuhfatul Athfal bernama Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy. nama Al-Jamzuri dikaitkan dengan Jamzur yaitu sebuah tempat dekat Thandata yang saat ini disebut Thanta yang berjarak 4 mil. Jamzur adalah tempat ayahnya yang masuk distrik Al-Manufiyah di Mesir. Al-Jamzuri adalah salah satu ulama abad ke-12 hijriyah

Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1160-an. Belajar ilmu tajwid dan qiroah (bacaan Qur’an) diantaranya dengan Syaikh Nuruddin Al Mihiy. Diantara karangannya adalah Matan Tuhfathul Athfal, Fathul Aqfal Fi Syarhi Tuhfatil Athfal, dan Fathurrahmaaniy fi Qiroatil Qur’an.

berikut penjelasan dari terjemahan Kitab tuhfatul atfal pasal  bab Pembagian macam macam mad / aqsaam mad dengan tulisan arab berharakat disertai terjemah arti dalam bahasa indonesia.: 

Pembagian mad - ﺃﻗﺴﺎﻡ ﺍﻟﻤﺪ


 وَالْـمَـدُّ أَصْلِيٌّ وَفَرْعِيٌّ لَهُ ۞ وَسَمِّ أَوَّلًا طَبِيعِيًّا وَهُو

Mad itu ada dua; Mad Ashly dan Mad Far’iy.. Mad Ashly disebut juga Mad Thabi’iy

 مَا لَا تَوَقُّفٌ لَهُ عَلَى سَبَبْ ۞ وَلَا بِدُونِهِ الْـحُـرُوفُ تُجْتَلَبْ

Mad Thabi’iy itu tidak tergantung kepada sebab dan tidak pula ketiadaan huruf yang didapat

 بَلْ أَيُّ حَرْفٍ غَيْرُِ هَمْزٍ أَوْ سُكُونْ ۞ جَا بَعْدَ مَدٍّ فَالطَّبِيعِيَّ يَكُونْ

Setiap huruf selain hamzah dan sukun yang datang setelah huruf mad (alif, waw,ya) maka ia adalah mad thabi’iy

 وَالْآخَرُ الْفَرْعِيُّ مَوْقُوفٌ عَلَى ۞ سَبَبْ كَـهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْجَلَا

Kedua Mad Far’iy yang terjadi karena adanya sebab seperti adanya hamzah atau sukun secara mutlak.

 حُرُوفُهُ ثَلَاثَةٌ فَعِيهَا ۞ مِنْ لَفْظِ وَايٍ وَهْيَ فِي نُوحِيهَا

Huruf mad ada tiga maka hafalkanlah.. dari lafaz “ﻭﺍﻯ” contohnya
ﻧﻮﺣـﻴـﻬﺎ

 وَالكَسْـرُ قَبْلَ الْيَا وَقَبْلَ الْوَاوِ ضَمْ ۞ شَرْطٌ وَفَتْحٌ قَبْلَ أَلْفٍ يُلْتَزَمْ

Syarat nya harus senantiasa ada kasroh sebelum ya, Dhammah sebelum waw, dan fathah sebelum alif

 وَالْلَِينُ مِنْهَا الْيَا وَ وَاوٌ سُكِّنَا ۞ إِنِ انْفِتَاحٌ قَبْلَ كُلٍّ أُعْلِنَا
Adapun Mad Layyin yaitu jika ada fathah sebelum huruf ya dan waw sukun


---------

Penjelasan

Pengertian Mad

adapaun definisi secara bahasa adalah memanjangkan, ada yang mengatakan menambah
adapun definisi secara istilah menurut qurra’ adalah memanjangkang suara huruf mad yang akan disebut

Huruf mad  ada tiga yaitu : alif, wawu, dan ya.

Syarat Syarat Mad

1. wawu sukun  setelah dammah
2. ya sukun setelah kasroh
3.  alif setelah harakat fathah
Contohnya :
نُوْ حِيْهَا 

nuu...hii.... haa...

1. Mad Asli 

mad asli yaitu mad thobi’i, yang huruf mad tidak bisa tegak kecuali denganya
adapun hurufnya ;
yaitu tiga: wawu mati yang sebelumya di dlommah, ya’ mati yang sebelumya di kasrah, alif yang sebelumya di fathah ( seperti yang disebutkan pada syarat syarat mad)
contoh 

alif

  قال

wawu

 يقول

ya’

 قيل
contoh alif: qaala, contoh wawu: yaquulu, contoh ya’: qiila

2. Mad far’i

yaitu mad yang tambah dari mad asli karena suatu sebab, seperti hamzah atau sukun

mad layin

Berapa huruf-huruf Mad Lin ?
Ada 2 huruf yaitu wawu dan ya' dengan syarat keduanya berharakat sukun dan huruf sebelum keduanya berharakat fathah, contoh :
بَيْتٍ، خَوْفٍ
Dan contoh yang serupa dengan contoh-contoh itu.


Posting Komentar untuk "Terjemah bab Pembagian mad Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya"