Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah bab Penutup Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya

 

Terjemah bab Penutup Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya

salah satu kitab yang populer dan banyak dikaji di berbagai pondok di indonesia adalah kitab Tuhfatul Athfal. Kitab Matan Tuhfatul Athfal (Tuhfah Al-Athfal) Matan Al-Jamzuriyah adalah kitab tentang kaidah ilmu tajwid dalam bentuk nadzham (syair), diharapkan bait-bait nadhom tersebut mudah dihafal dan dipelajari anak anak, oleh karenanya diberi nama kitab Tuhfatul Athfal yang berarti “Senandung Anak-Anak”.

Pengarang kitab Tuhfatul Athfal bernama Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy. nama Al-Jamzuri dikaitkan dengan Jamzur yaitu sebuah tempat dekat Thandata yang saat ini disebut Thanta yang berjarak 4 mil. Jamzur adalah tempat ayahnya yang masuk distrik Al-Manufiyah di Mesir. Al-Jamzuri adalah salah satu ulama abad ke-12 hijriyah

Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1160-an. Belajar ilmu tajwid dan qiroah (bacaan Qur’an) diantaranya dengan Syaikh Nuruddin Al Mihiy. Diantara karangannya adalah Matan Tuhfathul Athfal, Fathul Aqfal Fi Syarhi Tuhfatil Athfal, dan Fathurrahmaaniy fi Qiroatil Qur’an.

berikut penjelasan dari terjemahan Kitab tuhfatul atfal pasal  bab Penutup  dengan tulisan arab berharakat disertai terjemah arti dalam bahasa indonesia.: 

Penutup - ﺍﻟﺨﺎﺗﻤﺔ


 وَتَمَّ ذَا النَّظْمُ بِحَمْدِ اللهِ ۞ عَلَى تَمَامِهِ بِلَا تَنَاهِي

Telah selelasi nadzham ini dengan memuji nama Allah atas kesempurnaannya yang tak terbatas

 أَبْيَاتُهُ نَدٌّ بَدَا لِذِي النُّهَى ۞ تَارِيخُهَا بُشْرَى لِمَنْ يُتْقِنُهَا

Bait-baitnya tampak serasi bagi yang berakal… Tanggal pembuatan (kitab ini) adalah “menggembirakan bagi orang yang menguasainya”

 ثُمَّ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ أَبَدَا ۞ عَلَى خِتَامِ الْأَنْبِيَاءِ أَحْمَدَا

Kemudian shlawat serta salam semoga selalu tercurah atas penutup para nabi, Muhammad

  وَالْآلِ وَالصَّحْبِ وَكُلِّ تَابِعِ ۞ وَكُلِّ قَارِئٍ وَكُلِّ سَامِعِ

Atas keluarga, sahabat, dan para pengikutnya dan setiap pembaca dan pendengar Al Quran


---------

Penjelasan

pada penutup kitab nadhom Tuhfatul Athfal Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy  mengucapkan alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah yang sempurna dengan selesainya penyusunan kitab Tuhfatul Athfal, kemudian bershalawat atas baginda nabi besar muhammad Saw, keluarga nabi, dan para pengikut nabi.

Kitab Matan Tuhfatul Athfal (Tuhfah Al-Athfal) Matan Al-Jamzuriyah adalah kitab tentang kaidah ilmu tajwid tentu saja tujuannya untuk membahas dan mengkaji ilmu tajwid baik itu hukum nun mati, tanwin, mad mad dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ilmu tajwid.

dengan adanya kitab tuhfatul atfal diharapakan memberikan banyak manfaat bagi penuntut ilmu, serta memberikan nilai pahala bagi penyusun


Posting Komentar untuk "Terjemah bab Penutup Kitab Tuhfatul Athfal dengan Penjelasannya"