Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Pasal Tanwin dan Nun Sukun - Kitab Al Jazariyah disertai Penjelasan

    Terjemah Pasal Tanwin dan Nun Sukun - Kitab Al Jazariyah disertai Penjelasan

Kitab Matan Al-Jazariyah (متن الجزرية) merupakan salah satu kitab ilmu Tajwid yang menjadi rujukan dalam ilmu tajwid yang banyak diajarkan di pesantren dan sekolah agama di Indonesia. kitab matan al Jazariyah yang terdiri dari 109 bait. kitab ini dikarang oleh Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin ‘Ali bin Yuusuf Al-Jazariy Ad-Dimasyqi Asy-Syaafi’i.

spesifikasi ringkas kitab 

Nama kitab: Matan Al-Jazariyah (متن الجزرية)
Nama Pengarang: Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhamad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf Al-Jazary Ad-Dimasyqi Asy-Syafi'i
Bidang studi: Ilmu Tajwid (Cara membaca Kitab Suci al-Quran)

Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhamad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf Al-Jazary Ad-Dimasyqi Asy-Syafi'i Atau Ibnu al Jazariy dilahirkan pada Sabtu malam, setelah shalat tarawih, tanggal 25 Ramadhan 751 H di Damaskus, Syam (sekarang Suriah). bertepatan dengan 30 November 1350 di wilayah yang bernama al Khat al Qashain di Damaskus. beliau  wafat pada tahun 833 H di Syiraz, saat masa sekarang berada termasuk wilayah Iran. Imam al-Jazari al-Dimasyqi adalah ulama dari negeri Syam yang memiliki kelebihan dalam bidang ilmu tajwid dan ilmu-ilmu al-Qur’an.

berikut terjemah dengan penjelasan bab Pasal Hukum Tanwin dan Nun Sukun Kitab Matan Al-Jazariyah arab berharakat  dengan terjemah arti dalam bahasa indonesia :

التنوين والنون الساكنة - Tanwin dan Nun Sukun


(65) … وَحُكْمُ تَنْوِينٍ وَنُونٍ يُلْفى ۞ إِظْهَارٌ ادْغَامٌ وَقَلبٌ اخْفَا

Dan hukum Tanwin dan Nun sukun itu ada empat, yakni izh-har (dibaca jelas huruf Nun-nya), idgham (huruf Nun melebur ke huruf setelahnya), qalb (huruf Nun berubah ke huruf Mim), dan ikhfa (huruf Nun disamarkan dan lidah sudah bersiap-siap
mengucapkan huruf setelahnya).

(66) … فَعِنْدَ حَرْفِ الحَلْقِ أَظْهِرْ وَادَّغِمْ ۞ فِي اللاَّمِ وَالرَّا لاَ بِغُنَّةٍ لَزِمْ

Dan bila Nun sukun bertemu dengan huruf-huruf halq, yakni huruf-huruf yang keluar dari makhraj al-halq (Hamzah, Ha, ‘Ain, Ha, Ghain, dan Kha), maka jelaskanlah huruf Nun-nya. Lalu idgham-kanlah bila Nun sukun bertemu dengan huruf Lam dan Ra, yakni suara huruf Nun dianggap tidak ada dan langsung dibaca huruf Lam dan Ra dengan bertasydid serta wajib tanpa menyisakan ghunnah saat membacanya. Ini merupakan bacaan pada riwayat Imam Hafsh jalur Syathibiyyah.

(67) … وَأَدْغِمَنْ بِغُنَّةٍ في يُومِنُ ۞ إِلاَّ بِكِلْمَةٍ كَدُنْيَا عَنْوَنُو

Dan idgham-kanlah huruf Nun sukun dengan disertai sifat ghunnah saat membacanya bila bertemu dengan huruf “yuuminu” (Ya, Wawu, Mim, dan Nun). Kecuali bila pertemuan kedua huruf tersebut berada pada satu kata, seperti kata “Dun- ya” dan yang semisalnya, sepert “Qin-wan”, “Shin-wan”, dan “Bun-yan”. Semuanya mesti dibaca dengan jelas (disebut dengan istilah izh-har muthlaq).

(68) … وَاْلَقْلبُ عِنْدَ الْبَا بِغُنَّةٍ كذا ۞ لاِخْفَاء لَدَى بَاقِي الحُرُوفِ أُخِذَا

 Dan ubahlah huruf Nun menjadi huruf Mim (Qalb) saat bertemu dengan huruf Ba disertai ghunnah saat membacanya. Lalu ikhfa-kan (samarkanlah) huruf Nun saat bertemu dengan sisa huruf selain izh-har, idgham, dan qalb

------------

Penjelasan :

Hukum Tanwin dan Nun Sukun ada 4 yaitu sebagai berikut: 

1. Idhar ( اظها ر) 

Idhar adalah jelasnya suara nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf-huruf tertentu ( huruf halaq).

Huruf halaq ada enam : ا ،  ه ،  ع ،  ح ،   غ ،  خ  berikut contohnya :

a. yang berbentuk tanwin :

خَ     =’ “ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا خَبِيرًا
غَ  =    إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا
إِ   =     وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ
ه  =    سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
عَ  =    فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
حَ  =  فَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

b. berbentuk Nun Mati :

خَ     =    قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ

غَ  =   وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِمْ مِنْ غِلٍّ تَجْرِي

إِ   =     فَمِنْهُمْ مَنْ آَمَنَ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ صَدَّ عَنْهُ

ه  =  إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ

عَ  =  صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ

حَ =  مِنْ حَوْلِ الْعَرْشِ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ

2. Idgham( ادغا م )

Idghom menurut bahasa berasal dari kata “ adghoma yudghimu idghooman “ yang mempunyai arti “ idkhol “ memasukkan. Sedang Menurut istilah Idghom adalah memasukkan suara nun mati atau tanwin pada huruf setelahnya yang ada enam macam yang terkumpul dalam lafadh يرملون yaitu “الياء، والراء، والميم، واللام، والواو، والنون “ sehingga seolah-olah suara Nun / tanwin hilang atau menyatu dengan huruf setelahnya.

Idghom terbagi menjadi menjadi dua macam :

a). Idghom bi ghunnah

Yaitu masuknya suara nun mati dan tanwin pada huruf setelahnya dengan disertai mendengung. Huruf-huruf idghom bighunna ada empat yang terkumpul dalam lafadh ينمو /  و م ن ي. Yaitu :

1. Ya’

2. Nun

3. Mim

4. Wawu

Contoh bentuk tanwin :

Tanwin bertemu “ Ya’ “ يَوْمَئِذٍ يَوَدُّ الَّذِينَ كَفَرُوا

Tanwin bertemu “ Nun “ وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ

Tanwin bertemu “ Mim “ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ عَذَابًا مُهِينًا

Tanwin bertemu “ Wawu “ إِنَّ اللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ وَإِنْ تَكُ حَسَنَةً يُضَاعِفْهَا

Contoh bentuk Nun mati :

Nun Mati bertemu “ Ya’ “ لَوْ أَرَادَ اللَّهُ أَنْ يَتَّخِذَ وَلَدًا

Nun Mati bertemu “ Nun “ فَذُوقُوا فَلَنْ نَزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا

Nun Mati bertemu “ Mim “ أَلَمْ يَكُ نُطْفَةً مِنْ مَنِيٍّ يُمْنَى

Nun Mati bertemu “ Wawu “ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Catatan :

1) ketentuan di atas berlaku jika nun mati dan tanwin bertemu dengan huruf-hurufnya dalam dua kalimat. Jika dalam satu kalimat maka dibaca “ Idhar “Contoh :

- د نيا , صنوا ن , قنوا ن

b). Idghom bila ghunnah

yaitu masuknya suara nun mati dan tanwin pada huruf setelahnya dengan tanpa disertai mendengung. Artinya hanya sekedar memasukkan suara nun mati dan tanwin tersebut pada huruf setelahnya. Huruf-huruf idghom bighunnah ada dua macam: yaitu lam dan ro ( ل ر )

Contoh yang bertbentuk tanwin :

Tanwin bertemu “ Lam “ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ

Tanwin bertemu “ Ro’ “ قَالَ نُوحٌ رَبِّ إِنَّهُمْ عَصَوْنِي

Contoh Yang berbentuk Nun mati :

Nun Mati bertemu “ Lam “ أَلَا إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَكِنْ لَا يَشْعُرُونَ

Nun Mati bertemu “ Ro’ “ مَا يَأْتِيهِمْ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ

3. Iqlab ( اقلا ب )

Menurut bahasa iqlab berasal dari kata “ aqlaba yuqlibu iqlaaban “ yang berarti “ at tahwil “ mengganti. Sedang menurut istilah Iqlab adalah mengganti suara nun mati atau tanwin dengan suara mim dengan disertai adanya dengung.

Huruf bacaan iqlab ada 1 yaitu ba’ ( ب )

 Contoh tanwin bertemu Ba’

فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ

Contoh Nun bertemu ba’

وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى قَوْمِهِ مِنْ بَعْدِه

4. Ikhfa ( اخفا ء )

Menurut bahasa ikhfa’ berasal dari kata akhfa yukhfi ikhfaa-an yang mempunya arti menyamarkan atau samar. Sedang menurut istilah Ikhfa’ adalah menyamarkan suara nun mati dan tanwin( antara idhar dan idghom) ketika bertemu dengan huruf-hurufnya.

Huruf-huruf Ikhfa’ ada 15. Yang terkumppul dalam lafadh :

صف ذا ثنا كم جاد شخصٌ قد سما # دم طيبًا زد في تقى ضع ظالما

Contoh Tanwin yang bertemu huruf-huruf ikhfa’:

عَمَلا صَالِحًا - ص

وَلَهُمْ عَلَيَّ ذَنْبٌ فَأَخَافُ - ف

سِرَاعًا ذَلِكَ - ذِ

فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ ثَاقِبٌ - ث

وَنُدْخِلْكُمْ مُدْخَلًا كَرِيمًا - ك

صَبْرًا جَمِيلا - ج

قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ - د

فَالْيَوْمَ لَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا - ش

سَلامًا سَلامًا - س

إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ - ق

فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا - ط

وَنَحْشُرُ الْمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ زُرْقًا - ز

لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا - ت

تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَى - ض

ظِلا ظَلِيلا - ظ

Contoh nun mati yang bertemu huruf-huruf ikhfa’:

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ  - ص

وَمَا يَخْدَعُونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ  - ف

أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ  - ذِ

فَجَعَلَ مِنْهُ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَى  – ث

قَالَ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُنْكِحَكَ إِحْدَى ابْنَتَيَّ  - ك

وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَكُبَّتْ وُجُوهُهُمْ  – ج

وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُمْ  – د

مَا مِنْ شَفِيعٍ إِلَّا مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ  – ش

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِنَ الْإِنْسِ يَعُوذُونَ  – س

وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ  – ق

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ ثُمَّ قَضَى أَجَلًا  – ط

وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً  – ز

لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا  - ت

لَا يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ إِلَى اللَّهِ  - ض

وَمَا يَنْظُرُ هَؤُلَاءِ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً مَا  – ظ

Posting Komentar untuk "Terjemah Pasal Tanwin dan Nun Sukun - Kitab Al Jazariyah disertai Penjelasan"