Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Tentang Zakat Ringkas

 

Rangkuman Materi Tentang Zakat

1. Pengertian zakat

Zakat  adalah  sesuatu  yang  hukumnya  wajib  diberikan  dari  sekumpulan  harta  benda tertentu, menurut sifat dan ukuran tertentu kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya. Hukum mengeluarkan zakat adalah fardhu ain.

2. Macam-Macam Zakat

1.   Zakat Fitrah,

yaitu zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim setahun sekali berupa makanan pokok sesuai kadar yang telah ditentukan oleh syara‟ untuk memberi makan kepada orang-orang miskin serta sebagai rasa syukur kepada Allah atas selesainya menunaikan kewajiban puasa agar kebutuhan mereka tercukupi pada hari raya.
Adapun syarat-syarat wajib zakat fitrah terdiri atas:
a.   Islam.
b.   Lahir sebelum terbenam matahari pada hari penghabisan bulan Ramadhan.
c.   Memiliki kelebihan harta dan keperluan makanan untuk dirinya sendiri dan untuk yang wajib dinafakahinya baik manusia ataupun binatang pada malam hari raya dan siang harinya.
Hukum membayar Zakat Fitrah adalah   wajib bagi setiap muslim yang memiliki sisa bahan  makanan  sebanyak  satu  sha‟ (sekitar  2,75  kg)  untuk  dirinya  dan  keluarganya selama sehari semalam ketika hari raya.

2.   Zakat Mal,

 ialah segala sesuatu yang dimiliki (dikuasai) dan dapat dipergunakan. Jadi zakat Maal juga disebut zakat harta, yaitu kewajiban umat Islam yang memiliki harta benda  tertentu  untuk  diberikan  kepada  yang  berhak  sesuai  dengan  ketentuan  nisab (ukuran banyaknya) dan dalam jangka waktu tertentu. Adapun tujuan daripada zakat maal adalah untuk membersihkan dan menyucikan harta benda mereka dari hak-hak kaum miskin di antara umat Islam.


Syarat-Syarat Harta Yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya
a.   Harta tersebut harus didapat dengan cara yang baik dan halal.
b.   Harta  tersebut  berkembang  dan  berpotensi  untuk  dikembangkan,  misal  melalui kegiatan usaha perdagangan dan lain-lain.
c.   Milik  penuh,  harta  tersebut  di  bawah  kontrol  kekuasaan  pemiliknya,  dan  tidak tersangkut dengan hak orang lain.
d.   Mencapai  nisab,  mencapai  jumlah  minimal  yang  menyebabkan  harta  terkena kewajiban zakat.
e.   Sudah mencapai 1 tahun kepemilikan.


3.   Yang berhak menerima zakat ada 8 golongan atau kelompok, yaitu fakir, miskin, amil,
muallaf, budak, garim, fisabilillah dan ibnu sabil.
4.   Dalam rangka meningkatkan kualitas umat Islam Indonesia, pemerintah telah membuat peraturan   perundang-undangan   tentang   pengelolaan   zakat,   yaitu   Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Undang-undang ini merupakan pengganti Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Tentang Zakat Ringkas"