Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Bab Fasal Menerangkan Tabi' Munada Kitab Alfiyah Ibnu Malik

Terjemah Bab Fasal Menerangkan Tabi' Munada Kitab Alfiyah Ibnu Malik

فصْل في تابع المنادى
FASAL MENERANGKAN TABI’ MUNADA 


تَابعَ ذِيْ الضَّمِّ المُضَافَ دُونَ ألْ*** ألْزِمْهُ نَصْباً كَأَزَيْدُ ذَا الْحِيَلْ

Tabi' munada yang di-dhammah kan bila di-mudhaf-kan tanpa al, maka nashabkan-lah seperti "Azaidu Dzal Hiyal" (Hai Zaid, orang yang mempunyai tipu daya).


وَمَا سِوَاهُ ارْفَعْ أوِ انْصَبْ وَاجْعَلَا *** كَمُسْتَقِلٍّ نَسَقاً وَبَدَلا

Selain yang demikian nashabkan-lah, atau rafa'-kanlah dan jadi- kanlah tabi' berupa 'athaf nasaq dan badal seperti lafaz yang menyendiri.


وَإنْ يَكُنْ مَصْحُوبَ ألْ مَا نُسِقَا *** ففِيهِ وَجْهَانِ وَرَفْعٌ يُنْتَقَى

Jika Tabi’nya yg berupa Athaf Nasaq yg disandangi AL, maka boleh dua jalan (Rofa’ atau Nashob) sedangkan Rofa adalah jalan yg terpilih. 


وَأَيُّهَا مَصْحُوبَ أَل بَعْدُ صِفَهْ ***  يَلزَمُ بِالرَّفْعِ لَدَى ذِي المَعْرِفَهْ

Lafaz ayyuhaa mewajibkan rafa bagi lafaz yang dibarengi dengan al sewaktu berkedudukan menjadi sifat yang terletak sesudah ayyu-haa.


وَأَيُّ هذَا أَيُّهَا الَّذِي وَرَدْ *** وَوَصْفُ أَيَ بِسِوَى هذَا يُرَدُّ

Lafaz ayyuhaadzaa dan ayyuhaa biasa disebut dan mensifati ayyun, selain hal tadi ditolak.


وَذُو إِشَارَةٍ كَأَيَ فِي الصِّفَهْ *** إِنْ كَانَ تَرْكُهَا يُفِيْتُ المَعْرِفَهْ

Isim isyarat sama dengan ayyun dalam masalah sifat ini, yaitu manakala ia ditinggalkan maka faedah ma'rifat akan hilang pula


فِي نَحْوِ سَعْدَ سَعْدَ الاوسِ يَنْتَصِبْ *** ثَانٍ وَضُمَّ وَافْتَحَ أَوَّلاً تُصِبْ

Dalam hal seperti contoh "Sa'du Sa'dal ausi" (Hai Sa'd yakni Sa'd dari Aus) nashabkan-lah Sa'd yang kedua, dan dhammahkan-lah serta fathahkan-lah Sa'd yang pertama, berarti itu benar.

Posting Komentar untuk "Terjemah Bab Fasal Menerangkan Tabi' Munada Kitab Alfiyah Ibnu Malik"