Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Bab kaifiyati Tatsniyatil maqsur wal mamdudi wa jami'hima Kitab Alfiyah Ibnu Malik

Terjemah Bab kaifiyati Tatsniyatil maqsur wal mamdudi wa jami'hima Kitab Alfiyah Ibnu Malik

كَيْفِيَّةُ تَثْنِيَةِ الْمَقْصُوْرِ وَالْمَمْدُوْدِ وَجَمْعِهِمَا تَصْحِيْحَاً
Bab Cara Mentatsniyah dan Menjama’kan Isim Maqshur dan Mamdud

آخِرَ مَقْصُوْرٍ تُثَنِّي اجْعَلَهُ يَا *** إِنْ كَانَ عَنْ ثَلاَثَةٍ مُرْتَقِيَا

Jadikanlah akhir isim maqshur yang di-tatsniyyah-kan yaa apabila terdiri lebih dari tiga huruf


كَذَا الَّذِي الْيَا أَصْلُهُ نَحْوُ الْفَتَى ***  وَالْجَامِدُ الَّذِي أُمِيْلَ كَمَتَى

 Demikian pula lafaz yang asalnya ya seperti lafaz fataa, dan isim jamid yang dibaca imalah seperti lafaz mataa.


فِي غَيْرِ ذَا تُقْلَبُ وَاوَاً الألف ***  وَأَولِهَا مَا كَانَ قَبْلُ قَدْ أُلفْ

Dan dalam hal selain tersebut, huruf alif-nya diganti menjadi wawu, kemudian sertakalah dengan huruf yang telah ada sebelumnya.


وَمَا كَصَحْراءَ بواوٍ ثنِّيَا ***  وَنَحْوُ عِلْبَاءٍ كِسْاءٍ وَحَيَا

Lafaz yang berwazan seperti lafaz shahraa-a di-tatsniyah-kan dengan memakai huruf wawu. Seperti lafaz 'ilbaa-in adalah kisaa-in dan hayaa-in,


بِوَاوٍ اوْ هَمْزٍ وَغَيْرَ مَا ذُكِرْ ***  صَحِّحْ وَمَا شَذّ عَلَى نَقْلٍ قُصِرْ

keduanya di-tatsniyah-kan dengan wawu atau hamzah. selain dari semuanya tashhih-kanlah (tanpa perubahan). Hal-hal yang syadz (menyendiri) hanya terbatas pada sima'i.


وَاحْذِفْ مِنَ الْمَقْصُوْرِ فِي جَمْع عَلَى ***  حَدِّ الْمُثَنَّى مَا بِهِ تَكَمَّلاَ

Buanglah dari isim maqshur huruf yang menjadi kelengkapannya bila hendak di jamakkan, halnya sama dengan ketentuan men-tatsniyyah-kannya.


وَالْفَتْحَ أَبْقِ مُشْعِرَاً بِمَا حُذِفَ ***  وَإِنْ جَمَعْتَهُ بِتَاء وَأَلِفْ

 Tetapkanlah harakat fathahnya menjadi dalil bagi huruf yang dibu ang. Apabila dijamakan dengan memakai ta dan alif (jamak muannats salim),


فَالأَلِفَ اقْلِبْ قَلْبَهَا فِي الْتَّثْنِيَهْ ***  وَتَاء ذِي الْتَّا أَلْزِمَنَّ تَنْحِيَهْ

maka gantilah alifnya seperti yang dilakukan dalam bentuk tatsniyah, dan ta yang dimiliki oleh lafaz yang memilikinya harus di buang.


وَالْسَّالِمَ الْعَيْنِ الْثُّلاَثِي اسْمَاً أَنِلْ ***  إِتْبَاعَ عَيْنٍ فَاءهُ بِمَا شُكِلْ

Isim tsulatsi yang 'ain-nya sahih, 'ain -nya harus munuruti harakat yang ada pada fa-nya,


إِنْ سَاكِنَ الْعَيْنِ مُؤنَّثَاً بَدَا ***  مُخْتَتَمَاً بِالْتَّاءِ أَوْ مُجَرَّدَا

apabila ternyata 'ain-nya di-sukun-kan muannats, apakah diakhiri oleh ta atau terbebas. dari ta.


وَسَكِّنْ الْتَّالِيَ غَيْرَ الْفَتْحِ أَوْ ***  خَفِّفْهُ بِالْفَتْحِ فَكُلّاً قَدْ رَوَوْا

Dan sukun-kanlah harakat sesudahnya selain harakat fathah, atau takhfif-kanlah dengan harakat fathah; masing-masing bacaan se- perti yang telah mereka riwayatkan.


وَمَنَعُوا إِتْبَاعَ نَحْوِ ذِرْوَهْ  *** وَزُبْيَةٍ وَشَذَّ كَسْرُ جِرْوَهْ

Mereka melarang meng-itba'-kan hal seperti lafaz dzirwatu dan zub yatun; dan dianggap syadz kasrah-nya lafaz jirwatun.


وَنَادِرٌ أَوْ ذُو اضْطِرَارٍ غَيْرُ مَا ***  قَدَّمْتُهُ أَوْ لأنَاسٍ انْتَمَى

Jarang atau karena keadaan darurat selain dari apa yang telah kami sebutkan, atau karena merupakan dialek suatu kaum


Posting Komentar untuk "Terjemah Bab kaifiyati Tatsniyatil maqsur wal mamdudi wa jami'hima Kitab Alfiyah Ibnu Malik"