Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Kitab Matan Tuhfatul Athfal disertai Penjelasan Lengkap

 

Terjemah Kitab Matan Tuhfatul Athfal disertai Penjelasan Lengkap

Kitab Matan Tuhfatul Athfal (Tuhfah Al-Athfal) Matan Al-Jamzuriyah adalah kitab tentang kaidah ilmu tajwid dalam bentuk nadzham (syair), diharapkan bait-bait nadhom tersebut mudah dihafal dan dipelajari anak anak, oleh karenanya diberi nama kitab Tuhfatul Athfal yang berarti “Senandung Anak-Anak”.

spesifikasi ringkas kitab 

Nama kitab  : Tuhfatul Athfal (Tuhfah Al-Athfal)
Nama lain: Matan Al-Jamzuriyah
Nama Pengarang: Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy
Bidang studi: Ilmu Tajwid (ilmu membaca Al-Quran dengan baik dan benar ).

Pengarang kitab Tuhfatul Athfal bernama Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy. nama Al-Jamzuri dikaitkan dengan Jamzur yaitu sebuah tempat dekat Thandata yang saat ini disebut Thanta yang berjarak 4 mil. Jamzur adalah tempat ayahnya yang masuk distrik Al-Manufiyah di Mesir. Al-Jamzuri adalah salah satu ulama abad ke-12 hijriyah

Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1160-an. Belajar ilmu tajwid dan qiroah (bacaan Qur’an) diantaranya dengan Syaikh Nuruddin Al Mihiy. Diantara karangannya adalah Matan Tuhfathul Athfal, Fathul Aqfal Fi Syarhi Tuhfatil Athfal, dan Fathurrahmaaniy fi Qiroatil Qur’an.

Berikut  penjelasan dari terjemah  Kitab tuhfatul atfal semua bab pasal dengan tulisan arab berharakat disertai terjemahan arti dalam bahasa indonesia.: 

Posting Komentar untuk "Terjemah Kitab Matan Tuhfatul Athfal disertai Penjelasan Lengkap"